Tahukah Anda, Ini Kesalahan Dalam Mencuci Wajah

Selain makeup, proses pembersihan wajah juga sangat berpengaruh terhadap kecantikan kulit wajah. Rutinitas ini sangat penting karena selain membersihkan wajah dari kotoran, debu dan makeup. Namun, sayangnya masih banyak orang yang melakukan kesalahan di dalam proses ini. Dengan demikian justru secara tidak langsung akan berdampak pada kulit wajah Anda.

Berikut beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan orang saat membersihkan wajah:

Salah pilih produk

Ini sangat banyak terjadi. Padahal sebenarnya mudah seperti pada kulit wajah kering, hindari pembersih wajah yang mengandung alkohol karena berpotensi membuat kulit tambah kering. Sedangkan pemilik kulit berminyak, pilih yang mengandung sodium benzoate (natrium benzoate) yang membantu menyerap minyak.

Baca juga  Pilihan Warna Blush On untuk Sehari-Hari

Mencuci dengan air hangat

Memang membersihkan wajah dengan air hangat saat pagi terasa menenangkan kulit. Namun dapat membuat kulit menjadi kering bahkan iritasi. Jadi, cuci wajah dengan air dingin saja. Lebih praktis pula, tidak perlu waktu tambahan untuk menyiapkan air hangat.

Menggosok terlalu kuat

Membersihkan wajah dengan cara menggosok kulit sekuat tenaga terjadi kalau kita terlalu bersemangat atau terburu-buru. Yang mungkin belum kita sadari, cara ini bisa memicu iritasi kulit. Menurut Anesia Tania, durasi mencuci wajah terbaik adalah 45 detik sampai satu menit, tidak kurang dari itu. Dan selama itu, wajah harus digosok atau dipijat dengan lembut. “Ingin lebih maksimal? Gosok wajah dengan teknik putaran ke atas, mengikuti aliran kelenjar getah bening. Teknik putaran ke atas ini membuat wajah lebih kencang dan tidak mudah kendur,” ujarnya.

Baca juga  Cara Membuat Alis On Fleek Tanpa Harus Dicukur

Mengeringkan dengan Handuk Kasar 

Sebaiknya jangan menggunakan handuk orang lain atau handuk tubuh untuk mengelap wajah karena bisa menyebabkan iritasi. Keringkan wajah dengan tisu atau handuk khusus untuk wajah yang lembut.

 

Translate »