Mengenal Lebih Dalam Bermacam Produk Untuk Bibir

Sebagai perempuan, penampilan tentunya menjadi hal yang paling diperhatikan. Apalagi jika menyangkut masalah make-up. Semakin berkembangnya dunia kecantikan, make-up yang tersedia juga terus berinovasi dengan kelebihan fungsi yang beragam. Salah satu produk make-up yang memiliki banyak jenis adalah lip product. Terkadang, banyaknya jenis lip product yang ada justru membuat sebagian orang bingung dengan fungsi dan cara pakainya. Agar #scarflover tak keliru, yuk simak 8 jenis produk pewarna dan perawatan bibir beserta fungsinya.

Lipstik

dok. Instagram @glossier

Menurut sejarahnya, ternyata lipstik telah ada sejak zaman dahulu kala. Pada zaman prasejarah, manusia menggunakan jus dari buah dan tanaman untuk melukis wajahnya pada ritual keagamaan dan agar terlihat lebih menarik di mata lawan jenis. Lipstik berbahan dasar lilin (wax), pigmen pewarna, dan minyak. Lipstik menjadi jenis pewarna bibir pertama yang paling populer dan juga merupakan jenis pewarna bibir yang paling banyak tersedia dalam dunia kecantikan.

Kini lipstik semakin banyak jenisnya, mulai dari lipstik matte, satin, hingga glossy hadir untuk menunjang penampilan kaum perempuan. Daya tahan lipstik juga banyak jenisnya, mulai dari daya tahan normal hingga lipstik dengan formula yang longlasting pun juga tersedia.

Lip Gloss

dok. Instagram @glossier

Formula yang dimiliki oleh lip gloss cenderung liquid dan juicy dengan warna yang lembut dan bening. Perlu Anda ketahui bahwa lip gloss berbeda dengaan lip balm. Pada dasarnya, lip gloss digunakan untuk membuat bibir terlihat lebih glossy atau mengkilap. Sedangkan lip balm digunakan untuk merawat bibir agar sehat dan ternutrisi.

Baca juga  7 Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab

Lip Stain

dok. Instagram @yslbeauty

Jika Anda tidak suka tekstur yang berat di bibir, mungkin lip stain atau lip tint cocok untuk Anda. Dengan menggunakan lip stain, tampilan bibir akah terlihat lebih segar dan natural tanpa membuat bibir terasa berat. Keunggulan lain dari lip stain adalah dari segi ketahanannya, konon lip stain  sanggup menempel hingga 12 jam. Meski terasa lebih ringan daripada lipstik, namun sifat lip stain dapat membuat bibir kering, jadi jangan lupa mengaplikasikan lip balm sebelum memakai lip stain.

Lip Balm

dok. Instagram @colourpopcosmetics

Pada awalnya lip balm yang digunakan sebagai produk perawatan bibir ini hanya bernuansa sheer atau transparan dan hanya mengunggulkan kandungan pelembapnya. Namun kini, inovasi lip balm semakin beragam hingga ada pula tinted lip balm atau pelembap bibir yang juga dilengkapi dengan tabir surya. Tak hanya itu, lip balm dengan kandungan pewarna, vitamin E dan antioksidan juga sudah banyak beredar untuk menghaluskan permukaan bibir yang pecah-pecah.

Lip Cream

dok. Instagram @wardahbeauty

Lip cream adalah lipstik dalam bentuk cream. Lip cream memiliki hasil akhir yang hampir serupa dengan lipstik. Bahkan beberapa produk lip cream memberikan hasil lebih pigmented daripada lipstik. Penggunaan lip cream dinilai jauh lebih praktis dan presisi daripada lipstik karena terdapat aplikator terpisah. Tekstur dari lip cream juga jauh lebih ringan dan lebih melembapkan permukaan bibir dibanding lipstik.

Baca juga  Rutin Lakukan 5 Step Skin Care Ini agar Wajah Awet Muda

Lip Palette

dok. Instagram @eventsmakeupspace

Lip palette merupakan lipstik yang dikemas dalam palet sehingga dalam satu kemasan terdapat beberapa warna yang berbeda. Lip palette biasa digunakan oleh para make up artist karena lebih praktis dan lebih mudah untuk bereksperimen.

Lip Liner

dok. Instagram @makethebeautyupp

Lip liner alias pensil bibir adalah produk pewarna bibir yang berfungsi untuk membentuk dan memperjelas bentuk bibir. Lip liner dikemas ramping seperti pensil dan memiliki warna yang beragam seperti lipstik. Bagi Anda yang memiliki bentuk bibir asimetris atau menginginkan bentk bibir yang lebih rapi dan tebal, Anda bisa menggunakan pensil bibir untuk mengkoreksinya. Lip liner sendiri tidak mengandung minyak atau kandungan pelembap sehingga sebaiknya Anda mengoleskan lip balm terlebih dahulu agar bibir tidak mudah kering dan pecah-pecah.

Lip Scrub dan Lip Mask

dok. Instagram @eminacosmetics

Lip scrub dan lip mask sama-sama berfungsi untuk merawat bibir agar lebih sehat dan ternutrisi. Produk pewarna bibir yang digunakan sehari-hari kebanyakan mengandung bahan kimia yang dapat membuat bibir tidak sehat. Oleh karena itu, lip scrub dan lip mask hadir untuk merawat bibir agar selalu sehat. Lip scrub biasanya digunakan untuk menghilangkan kulit kering kering dipermukaan bibir. Sedangkan lip mask digunakan untuk perawatan agar permukaan bibir lebih halus, sehat, dan lembut. (NP)

 

Translate »