Tips Mudah Merawat Kulit Bagi Anda yang Gemar Berolahraga

Selain baik bagi tubuh, olahraga juga dipercaya dapat membuat kulit lebih sehat. Bahkan, tampilan kulit yang glowing bisa didapatkan dengan berolahraga secara rutin.  Meski begitu, tahukah Anda bahwa berolahraga ternyata juga bisa memicu jerawat? Hal ini tak lain disebabkan oleh kurangnya Anda memperhatikan kulit saat berolahraga. Oleh karena itu, ada beberapa aturan yang harus Anda ketahui agar kulit Anda terjaga kesehatannya meski berolahraga seharian!

 

 

Sebelum berolahraga
 
Alih-alih ingin terlihat cantik di berbagai kesempatan salah satunya saat berolahraga, banyak perempuan yang tetap menggunakan makeup-nya ketika berolahraga. Padahal, itu sebuah kesalahan fatal yang bisa mendatangkan risiko bagi kulit Anda. 
 
Karena makeup yang masih menempel pada wajah nantinya akan terkontaminasi dengan polusi, minyak, serta debu dan kotoran lainnya yang dapat menyumbat pori-pori. Ditambah lagi, saat berolahraga tubuh Anda juga akan mengeluarkan keringat yang hanya akan memperparah masalah penyumbatan pori dan  berujung pada timbulnya jerawat.

 
Sebagai solusinya, lebih baik Anda mencuci muka dengan bersih terlebih dahulu dan pastikan wajah Anda sudah terbebas dari makeup sebelum Anda mulai berolahraga. Jika Anda melakukan olahraga di luar ruangan atau outdoor, jangan lupa untuk aplikasikan sunscreen dengan minimal SPF 30 dan  mengaplikasikannya kembali setiap dua jam sekali. 
 
Sesudah berolahraga
 
Berbeda lagi saat Anda telah selesai berolahraga, double cleansing jadi ritual wajib untuk Anda. Meski tanpa makeup, double cleansing tetap diperlukan untuk membersihkan sisa sunscreen sekaligus memastikan tidak ada sumbatan kotoran di pori-pori kulit. 

 
Jangan sampai Anda membiarkan kotoran, keringat, dan minyak diam berlama-lama di kulit. Jika memang kurang memungkinkan untuk melakukan double cleansing, Anda bisa coba alternatif lainnya yakni dengan menggunakan facial cleansing wipes untuk membersihkan sisa-sisa kotoran pada wajah secara instan. Jika wajah dirasa sudah bersih, Anda bisa lanjutkan dengan mengaplikasikan toner dan pelembap untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah Anda. 
Nah, dengan mengikuti berbagai aturan di atas, kini Anda tak perlu khawatir lagi akan mengalami masalah kulit usai berolahraga. Semangat berolahraga!  (FIA)
Baca juga  Waspadai Ciri-Ciri Penuaan Pada Bibir Anda
Translate »