Rahasia Manfaat Dark Chocolate yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Cokelat memang menjadi salah satu makanan yang kerap jadi incaran setiap orang untuk memperbaiki mood yang sedang jelek. Namun siapa sangka kalau ternyata cokelat memiliki segudang manfaat bagi tubuh? Berbeda dengan gula atau makanan manis lainnya, cokelat hitam asli atau yang dikenal dengan dark chocolate ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh.
Riset menunjukkan bahwa dark chocolate memiliki kandungan kakao sebesar 70-99%. Semakin tinggi persennya, artinya semakin tinggi pula antioksidan dan semakin sedikit pula tambahan gula di dalamnya. Dengan tingginya kadar antioksidan tersebut yang bahkan ternyata lebih tinggi dibanding blueberry dan acai berry, dark chocolate pun masuk ke dalam kategori superfood yang baik untuk kesehatan tubuh.
Apa saja manfaatnya, berikut kami telah rangkum untuk Anda!
1. Meningkatkan daya ingat
Freepik

 

Sering lupa sesuatu? Cokelat bisa jadi jawaban untuk membantumu! Antioksidan bernama flavanol yang terkandung pada cokelat dinilai dapat meningkatkan fungsi area otak yang berhubungan dengan daya ingat. Tak hanya itu, zat tersebut juga membantu melancarkan aliran darah ke otak, mencegah peradangan, dan mengurangi risiko dementia serta penyakit alzheimer.

 

Baca juga  4 Strategi Efektif untuk Menurunkan Berat Badan Saat Bersepeda

 

2. Menurunkan berat badan
Freepik

 

Siapa bilang mengkonsumsi cokelat hanya akan membuat Anda semakin bertambah gemuk? Nyatanya, dark chocolate dapat dijadikan salah satu alternatif diet untuk Anda. Kandungan polifenol yang terkandung pada dark chocolate ini ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Tapi tetap perlu diingat, sebaiknya Anda mengkonsumsinya sesuai kebutuhan dan jangan terlalu berlebihan.

 

3. Mengatasi diare
Freepik
Bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan terutama diare, cokelat ternyata bisa jadi obat andalan. Kandungan flavonoid pada dark chocolate terbukti dapat mencegah penyerapan cairan yang berlebih pada usus halus.

 

4.  Menurunkan kolesterol
Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa dark chocolate juga mampu menurunkan kolesterol pada tubuh. Faktanya, dark chocolate dapat menurunkan kolestrol LDL lebih dari 5mg/dl jika Anda mengonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang tepat.

5. Mengurangi risiko jantung
Selain dapat menurunkan kolesterol, ada fakta lain yang gak kalah mengejutkannya yaitu ternyata cokelat juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung.  Kandungan magnesium dan flavanol dalam dark chocolate terbukti mampu meningkatkan sistem kardiovaskular dengan menjaga pembuluh darah tetap lancar dan mengatur denyut jantung.
6. Sebagai anti penuaan pada kulit
Selain kaya akan antioksidan, dark chocolate rupanya juga kaya akan vitamin B, A, dan E yang memberikan manfaat bagi kulit dengan meningkatkan aliran darah melalui pembuluh darah terutama kulit Anda. Karena itu, cokelat dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dan membuat kulit tampak lebih bersinar secara alami!
7. Pencegah stres atau depresi
Freepik

 

Ungkapan mengenai makan cokelat bisa membuat hati senang ternyata bukan sekadar sugesti. Riset menunjukkan, dengan makan cokelat tubuh akan menghasilkan beberapa neurotransmiter yang punya efek positif bagi manusia seperti serotonin dan phenylethylamine (PEA) yang dapat meningkatkan produktivitas serta memotivasi kinerja mental seseorang menjadi lebih baik. (FIA)
Translate »