5 Bahan Berbahaya Bagi Kulit Wajah Sensitif

Biasakan membaca sebelum membeli.

322

Menggunakan produk kecantikan menjadi rutinitas harian bagi kebanyakan perempuan. Dari mulai merawat kulit hingga merias menjadi aktivitas wajib yang tidak boleh dilewatkan. Bagi yang memiliki tipe kulit normal, pastinya jarang merasa khawatir saat memilih-milih produk mana yang tepat untuk perawatan dan makeup Anda. Namun bagaimana dengan perempuan yang memiliki kulit sensitif? Salah menggunakan produk malah akan menyebabkan masalah kulit Anda bertambah parah, seperti munculnya jerawat, kulit kering, hingga iritasi akan mengancam kesehatan kulit Anda.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki tipe kulit sensitif harus cermat dalam memilih produk. Salah satu cara agar Anda tidak salah memilih produk adalah dengan mencari tahu bahan produk kecantikan apa yang tidak cocok dengan masalah kulit Anda. Lalu selanjutnya, Anda harus memerhatikan komposisi pada produk kecantikan yang akan dibeli, jangan sampai Anda menemukan nama bahan yang tidak cocok dengan masalah kulit Anda.

Berikut ini adalah beberapa bahan produk kecantikan yang harus dihindari jika Anda memiliki kulit sensitif:

1. Oxybenzone

Bagi orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, pastinya Anda harus menggunakan produk yang dapat melindungi kulit dari terpaan sinar matahari. Pemakaian sunscreen, sunblock atau produk kecantikan lainnya yang mengandung SPF (Sun Protection Factor) dinilai efektif untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Pixabay

 

Oxybenzone adalah bahan kimia yang sering ditemukan pada tabir surya untuk wajah atau badan. Bahan ini berbahaya karena dapat mengganggu keseimbangan hormonal pada wanita.karena dapat memengaruhi endokrin di dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker, gangguan kehamilan, dan bahkan menghambat pertumbuhan. Bahaya lainnya yang dapat ditimbulkan adalah dapat menyebabkan alergi pada kulit ketika terkena paparan sinar ultraviolet seperti kemerahan, bengkak, dan gatal. Itulah efek samping dari oxybenzone yang dapat memperparah masalah kulit sensitif Anda.

2. Paraben

Paraben banyak ditemukan pada produk perawatan dan kecantikan, seperti sampo, produk makeup, krim, lotion, lulur, dan sebagainya. Paraben digunakan sebagai penghambat pertumbuhan bakteri dalam produk dan pengawet produk.

Namun, Beberapa jenis paraben diketahui dapat berubah menjadi racun apabila terpapar oleh sinar ultraviolet, antara lain metil dan etil paraben, yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini.

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif pastinya tidak mau jika masalah kulit Anda bertambah parah karena memakai produk yang mengandung paraben. Oleh karena itu, menghindari produk yang mengandung paraben lebih dianjurkan meskipun produk-produk alami bebas paraben lebih cepat busuk, akan tetapi efek samping dari paraben dapat Anda hindari.

3. Sodium Lauryl Sulphate dan Sodium Laureth

Dua kandungan ini paling sering ditemui pada produk-produk yang berbusa. Bahan dasar sulfat yang terbuat dari garam berunsur sulfur dapat menyebabkan kulit kering dan gatal-gatal. Bahaya ini tentunya dapat memperparah masalah kulit sensitif Anda.

4. Oxycloride Bismuth

Kandungan ini sering ditemukan pada produk makeup. Produk ini digunakan untuk memberikan hasil akhir yang matte atau shimmery. Namun, jika tidak cocok produk ini dapat menimbulkan ruam kemerahan, sensasi panas, dan menimbulkan jerawat.

5. Produk dengan butiran scrub

Ultraimg.com

Scrub biasanya digunakan untuk membersihkan komedo dan sel kulit mati pada permukaan wajah. Namun, untuk wajah berjerawat tidak dianjurkan untuk menggunakan produk kecantikan yang mengandung butiran scrub karena butiran scrub akan membuat jerawat meradang sehingga wajah akan semakin memerah bahkan terjadi iritasi. (NP)