Mengenal Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Menjaga kulit dari efek buruk sinar matahari merupakan hal yang penting. Seperti yang telah kita ketahui, terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat memberi efek mulai dari yang berjangka pendek seperti kulit terbakar, hingga efek jangka panjang seperti penuaan dan kanker kulit.

Sebagai tindakan preventif, kita bisa menggunakan sun protection dalam aktivitas harian. Jika membahas sun protection, tentu Anda sudah akrab dengan sunblock dan sunscreen. Namun, tahukah Anda kalau kedua produk tersebut meskipun terlihat sama ternyata berbeda?

Sunscreen atau tabir surya biasanya lebih serung digunakan sebagai pelindung dari sinar ultra violet. Cara kerjanya adalah dengan menyaring dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Sedangkan sunblock merupakan penghalang sinar matahari untuk menembus kulit, dapat memantulkan sinar matahari sehingga tidak terpapar ke kulit. Perbedaan inilah yang menyebabkan sunscreen harus diaplikasikan 20 menit sebelum Anda berada dibawah sinar matahari, karena ia membutuhkan waktu untuk menyerap. Berbeda dengan sunblock yang bisa langsung bekerja setelah Anda aplikasikan.

Baca juga  Cara Tepat Atasi Migrain

Masing-masing dari kedua sun protection tersebut memiliki komposisi yang berbeda meskipun sama-sama berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sunblock memanfaatkan titanium oxide atau zinc oxide sebagai bahan aktifnya sehingga cenderung memiliki tekstur yang tebal dan tidak transparan.

Sementara itu sunscreen mengandung beragam zat kimia yang berfungsi menyerap sinar UV sebelum menembus kulit, salah satunya adalah oxybenzone atau avobenzone. Tekstur dari sunscreen sendiri biasanya lebih ringan dari sunblock dan lebih bervariasi mulai dari cair hingga spray.

Lalu mana yang lebih baik? Sebenarnya, kedua produk ini sama-sama dapat bekerja secara optimal dalam mencegah efek buruk sinar UV. Jika Anda lebih sering beraktivitas di luar ruangan, sunblock lebih direkomendasikan. Namun jika Anda ingin pelindung yang ringan maka sunscreen bisa menjadi pilihan yang baik. Yang terpenting selalu pastikan SPF yang terkandung dalam produk sun protection ini cukup untuk melindungi kulit Anda selama beraktivitas. (AUL)

Baca juga  5 Hal untuk Atasi Quarter Life Crisis
Translate »