Mengenal Lebih Dekat Sosok Aliah Sayuti

Mungkin Anda lebih mengenal sosoknya melalui akun Instagram @aliahsayuti, tapi ternyata perempuan yang aktif di media sosial dan blog ini bukan sekadar influencer berhijab saja. Tapi juga aktris yang kini tengah disibukan dengan produksi webseries Hijab Squad.

Di tengah-tengah proses shooting yang menyita waktunya, Aliah berbagi sedikit informasi mengenai dirinya dan pembuatan web series yang tengah dijalaninya.

Scarf Media (SM): Selain shooting tentunya, apa saja kesibukan Aliah saat ini?

Aliah (A): Saat ini kegiatan sehari-hari saya freelance, menjadi salah satu influencer di media sosial, modeling, dan jadi MC juga. Selain itu sekarang saya baru akan memulai karir di dunia politik, jadi sedang sibuk mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia politik.

Dok. Scarf Media

 

SM: Tentang Hijab Squad sendiri, bagaimana proses berkenalan dengan para cast?

A: Kalau kenalnya sudah lama, dari awal mula berkarir di dunia modeling sudah kenal sama mereka. Cuma memang pertama kali ketemu tidak langsung semua secara bersamaan, tapi kenal satu persatu secara acak sampai akhirnya kita kenal semua. Tapi saya sendiri sempat travelling bersama Intan (Intan Widyananda), salah satu anggota Hijab Squad, jadi saya cukup intens berkomunikasi dengan dia. Sementara dengan yang lain kita juga sering bertemu karena tergabung dalam kelompok arisan yang sama.

SM: Bagaimana cerita awalnya Aliah bergabung dalam proyek ini?

Semua berawal karena saya kenal baik dengan Intan dan juga Bang Surya (sutradara Hijab Squad) yang mengatasnamakan Lahan Seni. Ternyata Bang Surya punya project yang ingin mengumpulkan perempuan-perempuan berhijab di dalam suatu web series, lalu Intan mengajak aku untuk ikut terlibat di project ini. Setelah bertemu dan mengerti konsepnya, saya merasa memiliki satu visi misi dengan mereka dan akhirnya memutuskan untuk bergabung.

Baca juga  New Beauty Products Launching In This June

SM: Apa alasan yang membuat Aliah tertarik bergabung dengan Hijab Squad ini?

Pertama karena memang bergelut di dunia media sosial, aku sudah punya keinginan untuk membuat project bersama teman-teman yang serupa. Bahkan sudah ada rencana untuk buat web series, tapi kemudian datanglah tawaran untuk bergabung bersama Lahan Seni. Jadi alasan saya bergabung memang karena sudah tertarik untuk membuat web series dan ternyata dapat peluang dan diberi wadah oleh Lahan Seni. Saya merasa bahwa lebih baik jika saya bersinergi bersama dengan Lahan Seni untuk membuat web series ini.

Dok. Scarf Media

 

SM: Di web series ini, Aliah berperan sebagai tokoh yang seperti apa?

A: Aku memerankan karakter Aliah sendiri. Web series ini memang berbeda dengan web series lainnya karena di Hijab Squad tidak membuat karakter baru dan tidak mengindahkan karakter yang kita punya. Tapi memang karakter yang sudah ada itu dipoles agar sesuai dengan kebutuhan skenario. Jadi, disini saya memerankan diriku sendiri yang mandiri, halus, sebagai kakak yang dituakan dan mengayomi yang lain.

SM: Sebelum gabung dengan Hijab Squad, apa Aliah pernah punya pengalaman di dunia akting?

A: Kalau untuk pengalaman akting, saya pernah bergabung di FTV meski bukan pengalaman sebagai pemeran utama. Jadi dunia akting ini memang bukan hal yang baru, tapi kalau untuk memerankan peran utama yang dituntut untuk memiliki karakter sendiri baru kali ini. Selain akting di FTV, saya juga pernah menjadi host untuk beberapa acara TV.

SM: Momen atau adegan apa yang paling tidak terlupakan saat shooting web series ini?

Baca juga  DENV-2, Waspada Varian Dengue Yang Lebih Baru

A: Banyak sekali. Salah satu momen favorit saya adalan ketika kami diharuskan mehari bersama-sama. Belum lagi saya juga punya tuntutan untuk berakting menangis di salah satu adegan. Pada adegas tersebut saya dan Sherly (Yasirli Salanda) mempersiapkan diri dengan menonton film sedih sampai menangis. Saya juga menggunakan tetes mata sampai habis demi mendapatkan adegan yang bagus. Adegan lain yang jadi favorit saya adalah ketika kami diceritakan melakukan kegiatan bersantai di rumah sembari menggunakan masker wajah dan baju santai. Saya bahkan tidak mengenakan makeup dan memakai daster milik saya pribadi pada adegan itu.

SM: Kenapa ScarfLover harus menonton Hijab Squad ini?

A: Karena Hijab Squad ini memiliki cerita yang unik, mengisahkan 7 perempuan berhijab dengan karakter dan keunikannya masing-masing. Mewakili 7 pekerjaan yang berbeda, ada yang pengusaha, perawat, model, dan lainnya. Tujuh orang dengan kepribadian berbeda ini tentunya punya cerita cinta dan cerita kehidupannya masing-masing. Tapi dari segala perbedaan tersebut ada hal yang mempersatukan kita, yang pertama adalah karena kita semua perempuan berhijab. Kedua, kita adalah perempuan mandiri yang bekerja untuk keluarga, minimal untuk diri sendiri.

SM: Terakhir, apa harapan Aliah untuk web series ini?

Yang pasti saya berharap semoga web series ini bisa diterima oleh masyarakat luas dan web series ini juga bisa memberi pesan dan manfaat yang baik untuk semua kalangan. Selain itu, dengan adanya web series Hijab Squad ini semoga yang tadinya belum berhijab atau masih ragu-ragu untuk berhijab bisa merasa terpanggil untuk ikut mengenakan hjab. Intinya, saya menginginkan Hijab Squad dapat meninggalkan kesan dan pesan yang positif bagi masyarakat yang menonton. (AUL)

Translate »