Merayakan Satu Dekade Desainer Kursien Karzai Berkarya, Hadirkan Koleksi Bertajuk Eredita

Indah dalam balutan wastra Indonesia Timur pada 68 looks

Desainer Ternama Indonesia, Kursien Karzai baru saja merayakan 10 tahun berkarya di industri fesyen. Menghadirkan sesuatu yang belum pernah hadir, yaitu annual show atau pertunjukkan tunggal pertama kalinya di Hallf Patiunus pada Rabu, (10/10/2023). Melalui Annual Show 2023 kali ini menampilkan deretan koleksi terbaru dan premium bertajuk “Eredita”.

Image: Kursien Karzai

Eredita terinpirasi dari sejarah Indonesia. Masa lampau menjadikan sejarah, meninggalkan banyak pelajaran, ilmu dan kenangan. Begitupula Indonesia yang sudah melewati proses begitu panjang sebelum terbentuknya sebuah Negara berdaulat.

Image: Kursien Karzai

Masa kerajaan yang meninggalkan sejarah dan peradaban manusia menjadi warisan berharga di masa kini. Tanah air, Budaya, bahasa, agama , suku adalah peninggalan masa lampau yang harus di jaga dan di lestarikan oleh kita sebagai penerus para pejuang Negeri di masa lampau.

Budaya adalah peninggalan yang merepresentasikan sistem nilai, kepercayaan, tradisi, gaya hidup, dan jejak-jejak suatu kebudayaan yang terus-menerus diwariskan dari masa lalu hingga masa sekarang. Terdiri dari warisan benda dan tak benda. Warisan benda yang bersifat bisa di lihat dan di raba seperti halnya bangunan candi, keris maupun batik dan kain tenun. Warisan tak benda adalah yang bersifat tidak bisa di raba seperti halnya tarian, bahasa, upacara adat, ketrampilan, motif, dan kemahiran.

Baca juga  Scarf Media Release Merchandise: SABA Active Mask

“Hal ini menginspirasi saya membuat koleksi untuk 10 tahun berkarya dengan mengaplikasikan motif tenun dari indonesia timur dan motif batik truntum, kawung dalam teknik embroderry di atas kain organza dan teknik printing di atas kain satin,” jelas Kursien.

Koleksi ini terdiri dari 2 sequence, yang pertama adalah koleksi busana modest berupa dress, abaya, blouse, blazer dengan teknik print motif tenun sumba dan batik truntum. Dengan pemilihan warna alam yang cenderung gelap. Hitam, cokelat, denim blue, lime green .

Baca juga  Sofia Jirau, Model Victoria Secret Pertama dengan Down Syndrome

Sequence ke 2 dan ke 3 adalah busana modest dengan teknik bordir dan memadukan pleats terdiri dari dress, abaya, outer dengan look yang lebih feminin. Pemilihan waran lembut seperti sage, off white lilac, turqoise, menjadi prioritas di koleksi ini, untuk memberi pilihan tegas warna hitam dan navy menjadikan pelengkap dalam koleksi ini.

Bahan yang di gunakan adalah satin dengan texture yang lembut dan dingin. Pemilihan material organza dan tulle menjadi paduan sempurna untuk kesan feminin dan romantic.

“10 tahun berkarya menjadi proses pematangan koleksi dan menjadi langkah nyata dedikasi saya di industri fashion tanah air. Dengan menjadikan budaya adalah identitas bangsa dalam setiap koleksi saya,” jelas Kursien Karzai.

Translate »