7 Urutan Perawatan Rambut di Rumah untuk Atasi Masalah Rambut

Semua orang pasti merasa tidak nyaman ketika mengalami permasalahan rambut, seperti ketombe, rontok, dan rambut lepek. Permasalahan ini dapat diatasi melalui berbagai perawatan rutin yang bisa #scarflover lakukan di rumah. Untuk itu, ikuti delapan urutan berikut ini untuk melakukan perawatan rambut di rumah.

1. Hair oil sebelum keramas

Penggunaan hair oil dilakukan sebelum keramas yang berfungsi untuk menjaga kelembapan, memperkuat akar, meningkatkan sirkulasi darah, dan mempercepat pertumbuhan rambut. Kandungan minyak dipercaya dapat memperbaiki kutikula pada rambut. #scarfloverbisa menggunakan minyak kelapa, minyak almond, minyak zaitun atau peppermint oil. Agar hasilnya maksimal, lakukan pijatan ke kulit kepala dan biarkan satu hingga dua jam sebelum keramas. Setelah itu baru bilas sampai bersih menggunakan air dan pastikan tidak ada minyak yang tersisa. 

2. Cuci rambut dengan sampo dan kondisioner

Baca juga  Say No To Brassy Hair!

Lanjutkan dengan mencuci rambut pakai sampo yang cocok dengan permasalahan rambut Anda. Bilas sampai bersih hingga tidak tersisa busa. Dilanjutkan dengan penggunaan kondisioner pada batang rambut dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas.

3. Hair mask dan creambath

Kemudian aplikasikan hair mask atau creambath dari bahan natural seperti lidah buaya, teh hijau, dan minyak zaitun setiap 1-2 kali dalam seminggu. Khusus untuk rambut yang sangat kering, masker kondisioner satu ini mengandung zat yang mampu menghidrasi, melembutkan, dan menghaluskan rambut kusut. Aplikasikan deep conditioning mask 2-3 kali seminggu.

4. Gunakan hair serum

Jika #scarflover sering menggunakan alat penata rambut, seperti pengering rambut dan catokan, sebaiknya gunakan hair serum terlebih dahulu. Kandungan hair serum mampu mengganti protein pada rambut yang hilang akibat terkena panas dari alat styling rambut tersebut. Pemakaian hair serum akan membuat rambut lebih halus dan lebih mudah saat ditata.

Baca juga  Kenali Manfaat Mandelic Acid, Ampuh Atasi Kulit Jerawat Sensitif

5. Hair tonic

Hair tonic digunakan dalam keadaan rambut setengah basah setelah keramas. Cara dalam hair care routine ini penting dilakukan untuk memberikan nutrisi di kulit kepala.

6. Hair vitamin

Setelah keramas, oleskan hair vitamin yang berbentuk kapsul pada batang rambut Anda. Kamu juga bisa mendapat vitamin yang baik untuk rambut dengan mengonsumsi telur, bayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

7. Hair mist

Kegunaan hair mist berfungsi untuk memberikan kesegaran dan keharuman rambut Anda sepanjang hari. Beberapa produk hair mist juga diformulasikan dengan nutrisi yang baik dan sensasi kulit kepala dingin untuk rambut. Sehingga rambut tetap harum dan mudah diatur. 

Translate »