5 Peringkat Kota yang Memiliki Polusi Terendah di Dunia

Menurut laporan kualitas udara dunia IQAir 2023 mencatat Indonesia sebagai negara dengan tingkat polusi udara tertinggi ke-26 di dunia. Salah satu kota dengan polusi tertinggi adalah Tangerang dan Jakarta. Namun, ada beberapa kota dengan polusi terendah di dunia.

Polusi tercipta dengan dua faktor, yaitu berasal dari aktivitas manusia dan faktor alami. Faktor aktivitas manusia, seperti asap pabrik, asap dan debu kendaraan, penggunaan listrik berlebih, dan gas yang berbahaya. Sedangkan, contoh polusi udara secara alami yaitu dampak gunung meletus, kebakaran hutan dan zat sisa pencernaan hewan.

Melansir dari IQAir, ada beberapa kota yang bebas dari polusi, berikut ini.

1. Bern, Swiss

Bern terletak di sebagian barat dan tengah negara Swiss, kota ini dibelah oleh Sungai Aar yang mengalir langsung dari Pegunungan Alpen. Dengan kondisi berada di pegunungan, membuat kota ini memiliki polusi yang rendah dengan kualitas udara yang baik.

Baca juga  Barang-barang Ini Wajib Anda Miliki Agar Kamar Estetik

2. Birmingham, Inggris

Birmingham merupakan sebuah kota dan distrik di West Midlands, Inggris dan kota terbesar kedua di Britania Raya dengan populasi lebih dari 1.000.000 jiwa. Di kota ini banyak sudut fasilitas ruang terbuka hijau, Sehingga, kota ini tercatat menjadi kota kedua dengan kualitas udara yang baik.

3. Denver, Amerika Serikat

Denver merupakan salah satu kota yang berada di negara bagian Colorado, Amerika Serikat. Disebut sebagai “Mile High City” karena ketinggiannya yang berada sekitar 1 mil di atas permukaan laut, Denver menawarkan kombinasi yang menarik antara kekayaan budaya dan keindahan alam.

Baca juga  Hikmah Dibalik Pemadaman Listrik

4. Sydney, Australia

Kota bersejarah ini merupakan ibu kota dari negara bagian New South Wales. Terletak di pinggir pantai Port Jackson. Kota ini memiliki kualitas udara dengan polusi sebesar 8 persen.

5. Praha, Republik Ceko

Praha adalah ibu kota Republik Ceko dan memiliki penduduk sekitar 1,5 juta jiwa. Kota ini dinobatkan menjadi salah satu kota yang paling indah di dunia. Terletak di wilayah tengah Bohemia dan Sungai Vlatava kota ini dinobatkan masuk dalam daftar kota yang bebas populusi.

Translate »