Momen Para Pendamping Kepala Negara KTT G20 di Spouse Program

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 sukses digelar pada 15 – 16 November 2022 di Bali dan menuai pujian dari berbagai petinggi negara.

Menariknya lagi, Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan pertemuan dengan para pendamping pemimpin negara-negara anggota G20 dan lembaga internasional sebagai bagian dari rangkaian KTT G20 di Sofitel Bali, Nusa Dua Beach Resort pada Selasa (15/11/2022).

Dalam kegiatan, Iriana mengenakan pakaian nusantara dipadukan kain tenun Bali, menyambut langsung dan bersalaman dengan para pendamping pemimpin negara setibanya mereka di lobi kedatangan.

Mengutip dari kemenparekraf.go.id, para pendamping Kepala Negara KTT G20 mengikuti workshop menghias dengan teknik decoupage atau transfer media pada kerajinan berbahan dasar daun lontar yang telah berbentuk tas atau topi.

Image: setneg.go.id

Para spouse tersebut dalam mengikuti workshop didampingi langsung oleh Ibu Negara Republik Indonesia, Iriana Joko Widodo dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Wamenparekraf) RI Angela Tanoesodibjo.

Baca juga  Aleza Laboratory 2024 Hadirkan Workshop Bikin Parfum

Penutur dan Pelatih Workshop, Paul Amron, mengatakan workshop ini menonjolkan materi daun lontar karena ingin menjelaskan kepada para pendamping Kepala Negara KTT G20, bahwa daun lontar bisa menjadi kerajinan tangan unik dan menghasilkan nilai ekonomi tinggi.

“Daun lontar itu adalah salah satu daun yang memang kita pakai dari lama sejak zaman dahulu secara daily sebagai kebutuhan dan kita berupaya meningkatkan agar itu meningkat nilai ekonominya dengan dijadikan sebagai produk ekonomi kreatif seperti tas, dompet, topi,” kata Paul. 

Hasil karya workshop yang telah dikreasikan oleh para pendamping Kepala Negara KTT G20 juga dibawa pulang sebagai salah satu buah tangan dari Spouse Program. 

Baca juga  Strategi Bisnis Penjualan Skincare Capai Omset Milyaran Rupiah

“Workshop ini diharapkan bisa memberikan kesan yang yang baik dan menyenangkan untuk para pendamping Kepala Negara KTT G20 yang hadir pada Spouse Program,” kata Paul. 

Spouse Program mengangkat tema “The Journey: Indonesian Sustainable Living Culture”, sebagai bagian dari rangkaian KTT G20 Indonesia yang disiapkan bagi pendamping kepala negara yang bertujuan menguatkan komunikasi dan sosialisasi antar peserta maupun spouse. 

Adapun sejumlah agenda kegiatan lain yang dilakukan dalam Spouse Program ini diantaranya showcase/display tekstil tradisional; showcase aktivitas kesenian tradisional Indonesia seperti Tarian Merak, Tari Pendet, Mama Noken Papua,  Tari Tor Tor dan Gondang Batak, Rindik Bali, serta Kolintang dan Keroncong.

Translate »