Indonesia Millennial Report 2020 Ungkap Stereotip Anak Muda Indonesia

IDN Media kembali mengadakan acara tahunannya dengan tema Indonesia Millennial Summit 2020 pada tanggal 17-18 Januari 2020 di The Tribrata. Dengan dibuatnya acara ini, IDN Media kembali mengumumkan laporan yang disusun berdasarkan penelitian oleh IDN Research Institute. Berjudul “Indonesia Millennial Report 2020: Understanding Millennial’s Behaviours and Demystifying Their Stereotypes

Indonesia sedang mengalami bonus demografis dan fenomena ini diperkirakan akan berakhir pada tahun 2045. Menurut William Utomo, Co-Founder dan  COO  IDN  Media  yang  juga  adalah  salah  satu  dari  penulis  utama  laporan tersebut, menyatakan,  “dengan memahami perilaku milenial dan mengoptimalkan minat serta bakat mereka, kita telah melakukan satu langkah substantif untuk membentuk mereka menjadi manusia-manusia Indonesia yang berkualitas di 2045,“

Oleh karena itu, IDN Media berharap dapat berkontribusi secara nyata untuk mewujudkan visi Indonesia menjadi negara maju di tahun 2045.

Berdasarkan penilitan yang dikerjakan oleh IDN Research Institute, millennial di Indonesia mempunyai 7 tipe, yaitu

  1. The Adventurer

Seorang yang menginspirasi, meyakinkan, penuh dinamika, serta mau menyuarakan pandangan politik dan agama mereka. Millennial tipe ini, mempunyai pemikiran akan lebih baik mengutarakan kebenaran yang pahit daripada kebohongan yang manis. Tipe ini cenderung menyukai hal – hal yang berbau sosial dan dapat berkomunikasi dengan baik.

  1. The Visionary
Baca juga  Sakdiyah dan Jenahara, Dua Muslimah yang Berikan Pengaruh Dunia Kreatif Indonesia

Millennial tipe ini lebih menyukai bekerja sama dengan komunitas heterogen di sekitar mereka, mereka cenderung bersikap netral untuk menghindari perbincangan sensitif soal kepercayaan dan agama. The Visionaries merupakan tipe milenial yang akan menyiapkan segala kemungkinan yang ada dengan merancang berbagai rencana. Millennial tipe ini lebih menyukai barang yang memiliki fungsi daripada merek terkenal.

  1. The Artist

The Artist adalah tipe milenial yang memiliki banyak ide, sudut pandang unik, orientasi pada estetika, dan spontanitas. Milenial dengan kepribadian ini senang menciptakan sebuah  gagasan,  bereksperimen dengan menggabungkan perspektif-perspektif baru yang mereka peroleh untuk menghasilkan sesuatu. Tipe ini lebih menyukai membeli produk yang memiliki kisah otentik di baliknya.

  1. The Leader

Tipe ini memiliki pribadi yang karismatik, berorientasi pada tujuan, dan memiliki keterampilan kepemimpinan. The Leaders selalu mengikuti berita terkini melalui televisi, media digital, koran, dan media sosial. Mereka cenderung memiliki pendapat yang kuat tentang politik dan agama, tetapi bertindak sangat hati-hati dalam menyuarakan pandangan mereka di depan umum. Tipe ini akan mempertimbangkan kredibilitas dan fungsionalitas suatu barang sebelum memutuskan untuk membeli.

  1. The Socializer
Baca juga  Sisterhood Menjadi Tema Muslimah Creative Day 2023 oleh Scarf Media

Tipe pribadi yang menyenangkan, terbuka, dan menghargai kebersamaan. The Socializers cenderung menyimpan opini terkait agama dan politik karena mereka tak ingin memutuskan ikatan yang telah mereka bangun dengan kelompok heterogen di sekitar mereka. Mengenai produk, mereka lebih menyukai barang dengan penawaran menarik dan menciptakan citra sosial mereka.

  1. The Conservative

Tipe ini merupakan tipe yang dapat diandalkan, sederhana, dan senang menjaga kedamaian di masyarakat. Senang melibatkan diri secara aktif dalam komunitas agama mereka. Tipe ini dapat menyampaikan pendapat terkait masalah agama dan politik. Sebagai konsumen, cenderung lebih memperhatikan “kejujuran” dari kualitas produk daripada merek. 

  1. The Collaborator

Tipe yang sangat toleran, penuh ide, dan hebat saat bekerja dalam tim. Biasa mengikuti berita dan tren terkini tentang agama dan politik. Tipe millennial yang tidak terlalu suka menyuarakan pendapat mereka mengenai kedua topik sensitif tersebut. Mereka lebih menyukai produk sesua dengan popularitasnya.

Dengan dasar 7 tipe millennial ini IDN membuat talkshow yang dapat memuaskan pemikiran, pendapat, gagasan, dan pola pikir masyarakat menjadi satu kesatuan di acara yang inspiratif. (DP)

Translate »