5 Sayuran Untuk Masker Alami di Rumah

Memiliki kulit wajah yang kencang, halus dan mulus memang jadi impian setiap perempuan. Untuk mendapatkan kulit yang sehat tentunya dibutuhkan ketekunan dalam merawatnya. Mulai dari menggunakan produk skincare yang tepat, melakukan eksfoliasi pada wajah, hingga rutin memakai masker wajah.
Bicara soal masker wajah, tak hanya masker dari brand ternama saja yang bisa jadi pilihanmu. Anda juga bisa manfaatkan bahan-bahan alami untuk diracik menjadi masker, seperti yang dilakukan oleh Meghan Markle.  Dari sekian banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker, sayuran adalah salah satunya. Memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh, ternyata sayur juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kecantikan. Penasaran apa saja? Keep scrolling, Scarflover! 

 

1. Brokoli
Tak hanya enak untuk dikonsumsi, ternyata brokoli juga dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah yang bisa membantu Anda mendapatkan kulit wajah impian. Vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam brokoli dinilai sangat baik untuk merawat kulit agar tetap sehat dan bercahaya.
Freepik

 

Cara meracik masker brokoli juga sangat mudah. Anda hanya butuh bagian batang brokoli saja, kemudian parut batang brokoli, dan tambahkan dengan madu. Setelah tercampur, oleskan pada wajah, dan tunggu beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

 

2. Kentang

 

Baca juga  Cara Merawat Bibir yang Sering Tertutup Masker saat Pandemi
Freepik
Punya masalah dengan noda hitam? Masker kentang akan jadi solusimu. Selain dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh, ternyata kentang juga memiliki kandungan lain yang bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan vitamin B dan C pada kentang nyatanya sangat berperan untuk kulit menjadi lebih kencang. Selain itu, kentang juga kaya akan mineral dan antioksidan alami yang berguna untuk mencegah penuaan dini dan dapat membantu menyamarkan noda hitam pada wajah Anda.
3. Wortel 
Dikenal baik bagi kesehatan mata karena vitamin A nya yang tinggi, ternyata wortel juga jadi salah satu sayuran yang kaya manfaat untuk kulit. Kandungan betakaroten pada wortel dipercaya mampu membantu proses peremajaan kulit sehingga kulit tampak lebih kencang.
Pixabay

 

Cara mengolahnya, Anda bisa ambil tiga sendok jus wortel tanpa gula dan campurkan dengan sedikit madu kemudian oleskan pada wajah. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

 

4. Tomat 
Sayur yang khas dengan rasa asamnya yang menyegarkan ini rupanya juga menyimpan segudang manfaat untuk kulit wajah. Tidak hanya membuat wajah menjadi lebih kencang, kandungan vitamin C dan E pada tomat juga ampuh untuk mengecilkan pori-pori dan membuat wajah lebih cerah.
Unsplash

 

Caranya, Anda tinggal menghancurkan tomat hingga halus lalu campur dengan sedikit perasan air lemon kemudian aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 20 menit dan terakhir bilas hingga bersih.

 

5. Mentimun
Sayuran yang sering dikonsumsi sebagai lalapan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Mentimun atau yang biasa kita sebut timun ini punya beragam kandungan yang baik untuk kesehatan kulit mulai dari kandungan air, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin A, biotin dan potasium yang semua kandungan tersebut mampu mengatasi masalah kulit seperti kulit wajah berminyak, kering, dan sensitif. Bahkan, mentimun juga bermanfaat untuk mengembalikan warna kulit, mengecilkan pori-pori wajah, hingga mencegah penuaan dini.
Pixabay

 

Cara membuat masker timun juga sangat simpel, Anda tinggal meletakkan irisan timun pada seluruh wajah atau untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa haluskan satu buah timun dan campurkan dengan putih telur dan air perasan lemon. (FIA)
Translate »