Ragam Manfaat Madu yang Perlu Anda Ketahui

Madu rupanya banyak memiliki fakta yang belum banyak diketahui orang. Sari putik bunga yang dibawa lebah ini tidak sama sekali memiliki kandungan kolesterol, walau memiliki rasa yang manis. Namun, madu cukup baik untuk dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah yang banyak.

Madu dikemas dengan zat antioksidan yang ampuh untuk melawan radikal bebas, sehingga dapat mencegah berbagai penyakit. Tak hanya itu, madu juga kaya akan polifenol, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, hingga kanker.

Konsumsi madu secara rutin dapat memberikan beberapa manfaat ini :

  1. Madu Membantu Menurunkan Berat Badan

Hampir semua wanita menginginkan tubuh yang proporsional, tidak memiliki berat badan berlebihan ataupun terlalu kurus. Wanita yang merasa tubuhnya terlalu gemuk akan melakukan berbagai cara untuk mengecilkan lingkar pinggangnya. Beberapa perempuan pun menjauhi makanan manis atau yang mengandung gula.

Kini tidak perlu khawatir, diet madu merupakan program menurunkan berat badan yang akan memangkas lemak hingga 1,4 kilogram dalam satu minggu. The Honey Diet atau diet madu telah terbukti akan memperbaiki metabolisme tubuh Anda serta membakar lemak ketika terlelap di malam hari.

  1. Madu Membantu Membersihkn Racun Pada Tubuh

Minum madu dengan air hangat sebelum tidur adalah satu cara paling aman untuk membantu membersihkan racun yang ada di sistem pencernaan.

Baca juga  Mau Kurus? Ayo Jalan Kaki!

Agen antimikroba yang ada dalam madu organik mentah dapat membantu membunuh patogen berbahaya yang ditemukan di usus. Maka dari itu jika Anda meminum madu dengan segelas air hangat sebelum tidur adalah salah satu cara paling efektif untuk membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Kandungan antimikroba yang ada dalam madu dapat membantu membunuh virus dan bakteri berbahaya yang ada dalam lambung dan usus.

Freepik
  1. Madu Membantu Meredakan Batuk

Siapa sangka, rupanya madu juga dapat dijadikan sebagai obat batuk yang mujarab. Caranya, minum 2 sampai 3 sendok makan madu sebelum tidur, lakukan cara ini secara rutin hingga batuk mereda.

Madu berkualitas baik bisa menjadi obat darurat saat batuk menyerang. Pemanis alami ini ternyata sama efektifnya dengan zat dekstrometrofan yang biasa digunakan sebagai pereda batuk dalam obat yang dijual bebas. Madu dapat berfungsi sebagai pereda rasa sakit dan membentuk selaput di tenggorokan yang mampu memberi rasa lega dan meringankan iritasi penyebab batuk. Konsumsi 2 sendok teh madu sebelum tidur, maka tidur akan lebih nyenyak dan batuk lebih ringan pada keesokan harinya.

  1. Madu Membantu Menghilangkan ketombe
Baca juga  Apakah Menangis itu Sehat?

Madu sebagai pembersih rambut juga memiliki efek menenangkan kulit kepala dan membantu melawan ketombe. Periset telah mempelajari penggunaan madu pada pasien yang menderita dermatitis seboroik dan ketombe. Hasilnya, mereka menemukan bahwa menggunakan masker madu dapat menghilangkan rasa gatal dan memperbaiki kondisi kulit kepala karena memiliki khasiat antijamur dan melembabkan kulit kepala. Cukup encerkan madu dengan sedikit air hangat dan pijat ke kulit kepala selama 2-3 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  1. Madu Membantu Membersihkan tubuh

Jika kamu memiliki masalah kulit kering, manfaatkan madu untuk melembabkan kulit dan membunuh bakteri yang bisa menyebabkan jerawat atau bau badan. Untuk membuat sabun madu, campurkan dua sendok teh madu dengan satu sendok makan minyak zaitun. Untuk mendapatkan pengalaman seperti di spa, tambahkan minyak esensial seperti lavender, minyak almond atau minyak vitamin E. Minyak ini menenangkan dan memberikan aroma yang menyenangkan. Jika ingin membuatnya menjadi scrub, campurkan dengan setengah cangkir gula merah. Gunakan sebagai scrub sebelum membasahi tubuh dengan air. Madu itu sendiri memiliki umur simpan yang sangat lama, namun jika ditambahkan air dapat memicu pertumbuhan jamur dan merusak manfaat dari madu itu sendiri. (YA)

Translate »