Gunung Taal di Filipina Meletus, 30.000 Orang Mengungsi

Gunung Taal berada di tengah danau indah dan menjadi salah satu gunung berapi paling aktif di negara Asia Tenggara. Bisa dibilang, Gunung Taal adalah gunung yang kecil namun berbahaya. Sebab, Gunung Taal berada di Cincin Api Pasifik, merupakan lempeng tektonik aktif yang berada di perut bumi.

Minggu, 12 Januari 2020 kemarin, Gunung yang berlokasi di wilayah selatan Manila ini erupsi. Gunung Taal mengeluarkan lava dan debu bahkan petir terlihat bersahutan di atas Gunung Taal.

Baca juga  E-commerce Menjadi Gaya Hidup Berbelanja Baru di Tengah Pandemi

Akibat letusan Gunung Taal, seperti yang kami lansir dari nytimes, Setidaknya ada 30.000 orang lebih harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. PBB mengatakan sebanyak setengah juta penduduk masih dalam risiko dan harus berpindah tempat. Sebab, ahli gunung berapi mengatakan masih akan ada kemungkinan gunung ini meletus dengan kekuatan lebih dashyat.

Baca juga  Nur Asia Uno Positif Covid-19, Sandiaga Mohon Doa Untuk Kesembuhan Sang Istri

Pemandangan abu yang sangat tebal, mayat binatang seperti sapi, dan kuda menyelimuti wilayah desa yang berada di sekitar Gunung Taal. Abu dan asap beracun, bau belerang beracun lainnya telah mengubah tempat wisata yang sangat indah ini menjadi abu. “Rumah saya sekarang sudah tidak ada,” kata Melvin Mendoza, 39, warga desa yang berjarak sekitar 40 mil dari Gunung Taal.

(sumber: nytimes.com)

Translate »