Mengupas Tuntas Manfaat Jus Seledri

Tren jus seledri sedang menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini baik di lingkungan sekitar maupun dunia maya. Bahkan hingga saat ini, sudah ada sekitar 93 ribu postingan yang menggunakan tagar #celeryjuice di Instagram. Kepopuleran jus seledri tersebut membuat banyak orang bertanya-tanya, benarkah jus seledri memiliki banyak khasiat bagi kesehatan?

dok. freepik

 

Belum banyak yang mengetahui bahwa ternyata seledri memiliki segudang manfaat hebat untuk kesehatan. Seledri mengandung banyak zat baik seperti serat, asam folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, zat besi, dan antioksidan. Terkait dengan berbagai kandungan yang terdapat di dalam seledri, berikut ini berbagai manfaat kesehatan yang didapat dengan mengkonsumsi seledri :

  1. Menurunkan Tekanan Darah
dok. Freepik

 

Darah tinggi merupakan penyebab dari banyaknya penyakit seperti gagal jantung, stroke, masalah pada ginjal, dan berbagai penyakit lainnya. Untuk menurunkan tekanan darah, seledri adalah solusinya! Seledri mengandung senyawa fitokimia yang berguna untuk memperbaiki kerja dinding arteri untuk mengendalikan tekanan darah. Akhirnya tekanan darah pun menurun dan menjadi lebih terkontrol.

  1. Melawan Peradangan Dalam Tubuh
Baca juga  Alami Dehidrasi? Makanan Ini Bermanfaat Untuk Kembali Menghidrasi!

Pengaruh radikal bebas ternyata sangat berbahaya bagi tubuh, bahkan jika terus dibiarkan radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan DNA dan sel-sel sehat sehingga akan menyebabkan gangguan kesehatan. Kandungan flavonoid dalam seledri mampu membantu sistem imun tubuh melawan peradangan akibat radikal bebas. Flavonoid juga membantu tubuh menyerap vitamin C lebih baik sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tak cukup sampai disitu, asupan flavonoid terbukti dapat mencegah dan mengobati tubuh dari serangan virus.

  1. Sumber Vitamin

Seledri merupakan sumber vitamin A, vitamin C, dan vitamin K sehingga cocok sekali jika seledri dikatakan sebagai sumber vitamin. Keunggulan lainnya adalah jika pada umumnya vitamin pada sayuran akan hilang setelah dimasak, maka tidak dengan seledri. Meskipun dimasak, kandungan vitamin dan zat-zat baik lain dalam seledri akan tetap bertahan.

  1. Mengganti Cairan Tubuh
Baca juga  Jangan Diabaikan, 5 Gejala Ini Tanda Kita Menderita Penyakit GERD

Vitamin dan nutrisi lain yang terkandung dalam seledri dapat membantu tubuh mengembalikan cairan elektrolit yang hilang. Sehingga badan pun akan cepat terasa segar jika Anda mencoba meminum jus seledri setelah berolahraga.

Resep Jus Seledri

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari seledri untuk kesehatan, berikut ini adalah salah satu resep untuk membuat jus seledri yang enak untuk dikonsumsi. Campurkan beberapa batang seledri, dengan 1 buah apel dan perasan air lemon. Lalu haluskan ketiga bahan tersebut dengan blender hingga siap dikonsumsi. Jika butuh pemanis, Scarflover dapat menambahkan beberapa sendok madu. Dengan resep ini, seledri yang kerap kali dihindari karena memiliki aroma dan rasa yang kuat akan menjadi lebih nikmat untuk dikonsumsi. (NP)

Translate »