5 Bahan Alami Untuk Perawatan Kulit Wajah Berminyak di Rumah

Kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum berlebih dari kelenjar sebaceous. Kelenjar ini terletak di bawah permukaan kulit. Sebum adalah zat berminyak yang terbuat dari lemak. Sebum tidak semuanya buruk karena membantu melindungi dan melembabkan kulit serta menjaga rambut tetap berkilau dan sehat. Anda mungkin bisa mengurangi minyak pada kulit dengan produk tertentu, termasuk madu dan lidah buaya. Kebiasaan seperti menghindari gorengan juga bisa membantu. Lebih lengkapnya, Anda bisa melakukan beberapa perawatan rumahan yang cocok untuk kulit berjerawat.

1. Madu

Madu adalah salah satu pengobatan kulit alami yang ampuh. Berkat kandungan antibakteri dan antiseptiknya, madu dapat bermanfaat bagi kulit berminyak dan rentan berjerawat. Madu juga merupakan humektan alami sehingga membantu menjaga kelembapan kulit namun tidak berminyak. Hal ini karena humektan menarik kelembapan dari kulit tanpa menggantikannya.

Untuk menggunakan madu untuk mengobati jerawat dan kulit berminyak, oleskan tipis-tipis, sebaiknya mentah, ke wajah Anda; biarkan mengering selama sekitar 10 menit, dan bilas hingga bersih dengan air hangat.

2. Oatmeal

Oatmeal membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih. Ini juga membantu mengelupas kulit mati. Saat digunakan sebagai masker wajah, oatmeal biasanya digiling. Bisa dipadukan dengan yogurt, madu, atau buah yang dihaluskan seperti pisang, apel, atau pepaya.

Baca juga  Apa Saja Manfaat Air Beras Untuk Rambut?

Untuk menggunakan oatmeal di wajah Anda:

Campurkan 1/2 cangkir oat giling dengan air panas hingga membentuk pasta.
Masukkan 1 sendok makan madu.
Pijatkan campuran oatmeal ke wajah Anda selama sekitar tiga menit; bilas dengan air hangat, dan keringkan.
Cara lainnya, oleskan campuran oatmeal ke wajah Anda dan biarkan selama 10–15 menit; bilas dengan air hangat, dan keringkan.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal dapat meredakan luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Menurut Mayo Clinic, terdapat bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa produk ini membantu mengatasi kulit terkelupas yang disebabkan oleh bercak berminyak. Banyak orang yang memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi kulit berminyak.

Anda bisa mengoleskannya tipis-tipis pada wajah sebelum tidur dan diamkan hingga pagi hari. Lidah buaya diketahui menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Jika Anda belum pernah menggunakan lidah buaya sebelumnya, ujilah sedikit pada lengan Anda. Jika tidak ada reaksi yang muncul dalam waktu 24 hingga 48 jam, maka obat tersebut aman digunakan.

Baca juga  Inilah Rahasia Perawatan Kulit Glowing ala Orang Korea, Sederhana Banget! (Bagian 1)

4. Putih Telur dan Lemon

Putih telur dan lemon adalah obat tradisional untuk kulit berminyak. Kedua bahan tersebut dianggap dapat mengencangkan pori-pori. Asam dalam lemon dan buah jeruk lainnya dapat membantu menyerap minyak. Menurut sebuah penelitian tahun 2008, lemon juga memiliki kemampuan antibakteri. Namun, obat ini bukanlah pilihan yang baik untuk penderita alergi telur.

Untuk membuat masker wajah putih telur dan lemon:

Campurkan 1 putih telur dengan 1 sendok teh jus lemon segar. Oleskan pada wajah, dan biarkan hingga masker mengering. Angkat dengan air hangat, dan keringkan.

5. Kacang Almon

Kacang almond tidak hanya berfungsi mengelupas kulit, tetapi juga membantu menghilangkan minyak berlebih dan kotoran.

Untuk menggunakan scrub wajah almond:

Giling halus almond mentah untuk menghasilkan 3 sendok teh. Tambahkan 2 sendok makan madu mentah. Oleskan ke wajah Anda dengan lembut, dengan gerakan memutar. Bilas dengan air hangat, dan keringkan. Anda juga bisa membuat masker wajah almond dengan menggiling almond hingga menjadi pasta sebelum menambahkan madu. Biarkan masker selama 10–15 menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan. Jangan gunakan jika Anda memiliki alergi kacang.

Translate »