Tunjukkan Potensi Indonesia sebagai Pusat Modest Fashion Dunia, KemenKopUKM akan Merilis Reality Show Terbaru “IN2TheNext”

Indonesia telah menjadi salah satu pusat mode dan tren fashion Islami yang berkembang pesat di dunia. Terinspirasi oleh nilai-nilai agama, budaya, dan inovasi desain, fesyen hijab bernuansa Islami telah menjadi fenomena global yang telah melindap dan tersebar ke masyarakat di berbagai belahan dunia. Potensi Industri modest fashion dunia diproyeksikan mencapai 375 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada 2025, dengan rata-rata pertumbuhan 6 persen setiap tahunnya.

Image: Dok.Redaksi

Berangkat dari data tersebut, KemenKopUKM berupaya memperkuat dan mendorong geliat sektor kriya khususnya modest fesyen, yang tentu berimbas pada meningkatnya gairah usaha pelaku UMKM dan UKM di berbagai daerah. Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) melalui Deputi Bidang UKM pada bulan Mei lalu telah meneken nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan PT Maxerman Consulting dan Sprout Communication Asia untuk memproduksi reality show.

Image: Dok.Redaksi

Senin (13/11), Kemenkop UKM menggelar soft launching yang jadi penanda bahwa produksi reality show akan segera direalisasikan. Soft Launching dengan simbolisasi pemotongan tumpeng, dimaksudkan untuk menegaskan komitmen Kemenkop UKM sekaligus melecut semangat pihak-pihak yang ikut terjun langsung dalam program ini.

Deputi Bidang UKM KemenKop UKM. Hanung Harimba Rachman, menjelaskan, dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Modest Fashion Dunia dan Global Halal Hub, reality Show IN2THENEXT diharapkan bisa mendukung upaya membangun branding sekaligus mendukung kegiatan IN2MOTION FEST(Indonesia International Modest Fashion Festival). Sehingga cita-cita menjadikan Indonesia sebagai Hub untuk modest fashion segera terwujud

Baca juga  MUFFEST+ 2023 Road In2motionfest Pagelaran Modest Fesyen dengan Ragam Wastra Nusantara

“Kerja sama ini merupakan pilot project yang sudah dikurasi ketat oleh Bank Indonesia terutama di daerah. Kita juga bekerja sama dengan UMKM yang nantinya, produk lokal tersebut akan meningkatkan penjualannya secara regional terlebih dahulu. Semoga kerja sama ini bisa berjalan dengan baik, dan upaya kita untuk membuat reality show IN2THENEXT yang merupakan ajang promosi IN2MOTION FEST ini bisa kita wujudkan tanpa hambatan,” jelas Hanung Harimba Rahman saat Konferensi di acara soft launching pada Senin, (13/11).

Pada perjalanan sebelumnya, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKop UKM) bersama Bank Indonesia (BI) yang menjadi mitra utama, serta Indonesia Fashion Chamber (IFC) menggelar IN2MF bersamaan dengan ajang Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF). Inisiasi KemenKop UKM yang diwujudkan dengan memproduksi reality show modest fashion, untuk terus menjaga gaung Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) yang telah usai digelar. Reality show tentang kriya dengan mengusung modest fesyen adalah yang pertama di Indonesia dan di dunia, yang diberi tajuk ‘IN2THENEXT: The Indonesia’s Modest Fashion Reality TV Series’.

Baca juga  Enny Yaqut Sebut Istiqlal Fashion Days 2023 Kegiatan Baru Penuh Manfaat

Sesuai dengan target Pemerintah Indonesia, di mana Indonesia menjadi tempat atau mercusuarnya Modest Fashion, dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Format program reality show ini sendiri akan ada 4 tahap, yang dimulai dari tahap pendaftaran, tahap kompetisi, tahap eliminasi, hingga tahap pamungkas yaitu Babak Final.

Untuk penjurian IN2THENEXT terdiri dari individu berpengalaman dalam industri fashion, termasuk desainer terkenal dan ahli fesyen hijab Islami. Para juri bertanggung jawab untuk menilai hasil desain peserta, memberikan komentar, dan memutuskan peserta yang maju ke tahap berikutnya atau dieliminasi.

Tentu yang ingin diraih para peserta adalah hadiah, ajang IN2THENEXT menyiapkan hadiah. Untuk pemenang utama akan mendapatkan gelar “The Next Indonesia’s Modest Fashion Designer”, serta hadiah yang menarik. Sementara hadiah lainnya akan diberikan kepada peserta yang mencapai tahaptahap tertentu dalam kompetisi.

Nantikan penayangan “IN 2 THE NEXT: The Indonesia’s Modest Fashion Reality TV
Series”!

Translate »