Mengenal Nouhaila Benzina, Pesepak Bola Hijab Pertama yang Tampil di Piala Dunia Wanita 2023

Hijabers inspiratif datang dari wanita bernama Nouhaila Benzina. Ia merupakan pemain bola yang mengenakan hijab dalam ajang bergengsi Piala Dunia Wanita 2023. Nouhaila Benzina menggunakan hijab saat Timnas Maroko berhasil menumbangkan Korea Selatan dengan skor tipis di Piala Dunia Wanita.

Image: benzinanouhaila/Instagram

Ketentuan berhijab telah diresmikan oleh FIFA, dilansir dari The Guardian, Selasa 1 Agustus 2023. Penggunaan hijab dibolehkan oleh FIFA jika alasannya masalah Agama. Hal tersebut disahkan oleh Federasi Sepakbola Dunia pada 2014.

Baca juga  Sosok Kartika Siti Aminah yang Cetak Sejarah, jadi Pelatih Wanita Pertama IBL

Terlihat Nouhaila Benzina menggunakan kerudung berwarna putih selama pertandingan berlangsung. Selain itu juga, pemain berusia 25 tahun itu berhasil ke babak 16 untuk pertama kalinya bagi Timnas Maroko wanita di Piala Dunia 2023.

Image: benzinanouhaila/Instagram

Nouhaila Benzina sudah bermain secara profesional untuk Asosiasi Olahraga Angkatan Bersenjata Kerajaan di Maroko, di mana mengenakan hijab adalah hal biasa dalam sepak bola. Memang, atlet dengan atau tanpa hijab di berbagai tingkatan diterima secara terbuka. Tetapi, di tahun 2007 seorang gadis Kanada yang menggunakan hijab selama pertandingan dilarang oleh seorang wasit.

Baca juga  Impian Denise Deanna Kembangkan Prawn Noodle Halal di Singapura

Turun ke Hindmarsh Stadium, Nouhaila Benzina mengenakan hijab di kepalanya. Momen itu bersejarah, sebab untuk pertama kalinya FIFA mengizinkan pemain perempuan mengenakan hijab tersebut.

Translate »