5 Bukti Manfaat Kesehatan Jalan Kaki 5.000 Langkah Sehari

Orang dewasa yang sehat dapat melakukan aktivitas berjalan antara 5.000-18.000 langkah/hari untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan kesehatan tubuh. Berdasarkan riset dari American Heart Association merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas moderat (sedang) setiap minggu atau setidaknya 30 menit setiap hari sebanyak lima kali dalam seminggu. Berjalan merupakan salah satu aktivitas fisik yang mudah dilakukan, ekonomis, dan memiliki banyak manfaat. Berikut ini lima bukti nyata manfaat dari rutinnya berjalan kaki.

Pertama, mengurangi glukosa darah. Mengetahui cara menurunkan kadar gula darah secara alami adalah kunci untuk terhindar dari pradiabetes atau diabetes.

Baca juga  Harus Rajin Mengganti Celana Dalam Jika Tidak Mau Hal Ini Terjadi

Kedua, mengurangi tekanan darah tinggi. Jalan kaki baik bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Berjalan kaki mampu mengurangi tekanan darah sistolik hingga 3,8 mmHg, dan tekanan darah diastolik 0,3 mmHg. Jika dibarengi dengan pola hidup sehat dan obat-obatan yang disarankan, tekanan darah dapat dengan mudah diatasi.

Ketiga, mengurangi risiko kematian akibat stroke. Jalan kaki rutin, sangat penting dalam pencegahan stroke. Aktivitas fisik ini akan menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Keempat, memperlambat kemajuan alzheimer. Bagaimana berjalan dapat menurunkan aliran darah pada otak dan meningkatkan fungsi otak pada orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan kognitif ringan.

Baca juga  Ketahui Bahaya Sayur Bayam, Bisa Sebabkan Keracunan!

Kelima, risiko kanker payudara lebih rendah. Wanita mengurangi risiko kanker payudara sebesar 6% setelah secara teratur melakukan 150 menit berjalan kaki dan 10% selama lima jam dari aktivitas yang sama. Menariknya dari hasil penelitian dilansir dari Kompas.com adalah keterlibatan dalam aktivitas intensitas sedang yang singkat, seperti jalan cepat, dapat memberikan manfaat luar biasa untuk risiko terkena berbagai jenis kanker.

Translate »