Mengenal Makanan Khas Nusa Tenggara Barat dengan Cita Rasa Tajam

Memiliki cita rasa tajam dan cenderung pedas.

Nusa Tenggara Barat terkenal dengan ayam taliwang-nya hingga ke mancanegara yaitu salah satunya ke Turki. Kuliner Nusa Tenggara Barat memiliki cita rasa yang tajam, lezat, dan cenderung pedas. Ada banyak macam kuliner khas Nusa Tenggara Barat yang wajib Scarflovers coba jika berkunjung ke destinasi ini. Berikut ini, Scarf Media mengajak Sarflovers mengenal makanan khas Nusa Tenggara Barat.

Sate Rembiga

Image: salsawisata.com

Sate rembiga merupakan sajian khas Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terbuat dari potongan daging has dalam sapi. Memiliki citarasa yang khas berkat rempah dan bumbu pedasnya.

Baca juga  Lezat, Ini Dia Resep Creamy Mushroom Risotto

Ayam Taliwang

Image: travelingyuk.com

Ayam taliwang merupakan makanan khas Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat yang bahan utamanya adalah ayam kampung muda. Ayam kampung muda yang di bakar dengan bumbu khas taliwang dan biasanya disajikan bersama makanan khas lombok, seperti pelecing.

Nasi Kotaraja

Image: travelingyuk.com

Nasi Kotaraja berasal dari Desa Kotaraja yang sudah menjadi santapan makan siang di daerah tersebut. Lauk nasi ini terbuat dari daging sapi goreng yang ditumbuk. Penduduk lokal menyebutnya rarit. Lauk lainnya adalah daging sapi berkuah kental yang nikmat. Biasanya nasi ini juga disajikan dengan kedelai goreng dan sambal.

Baca juga  Destinasi Liburan Dengan Festival Paling Unik di Asia

Sayur Ares

Image: salsawisata.com

Sayur Ares Lombok menggunakan bumbu sejenis bumbu kari yang gurih dan pedas. Pohon pisang yang digunakan juga khusus yakni pohon pisang kepok muda yang masih segar sehingga terasa lebih kenyal dan nikmat.

Kelaq Sebie

Image: salsawisata.com

Kelaq Sebie dikenal juga sebagai sayur cabai dan sayur terpedas yang ada di Lombok karena berbahan dasar cabai rawit. Selain menggunakan cabai rawit, Kelaq Sebie biasanya ditambahkan dengan ikan seperti ikan tongkol atau potongan terung meski tidak sebanyak cabainya.

Translate »