Manfaat Kandungan Oat untuk Tubuh dan Ragam Jenisnya

Kandungan beta-glucan yang baik untuk penurunan kadar kolesterol darah.

Oat adalah serealia sumber sehat karbohidrat yang memiliki kandungan serat tinggi. Karbohidrat yang terkandung dalam oat sebagian besar berasal dari tepung halus atau pati. Oat juga memiliki kandungan serat unik yang bernama beta-glucan. Serat inilah yang berperan menurunkan kadar kolesterol jahat, gula, dan mengatur insulin dalam darah. Selain kaya serat, vitamin dan mineral, oat juga mengandung antioksidan.

Dilansir dalam laman alodokter.com 1 mangkok oat yang telah dimasak memiliki kandungan 145 kalori yang terdiri dari 15% lemak, 69% karbohidrat, 6% protein, dan lain-lain. Oat sendiri memiliki kandungan lebih dari 50 nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam oat di antaranya, karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi.

Baca juga  Pilihan Air Purifier untuk Ciptakan Udara yang Lebih Segar

Adapun Oat memiliki beberapa jenis berdasarkan olahannya, berikut ini:

Steel cuts oat

Dinamakan steel-cuts karena setelah proses pemanasan, groats langsung dipotong menggunakan mesin pisau baja. Di antara semua jenis oatmeal, steel-cuts oat memiliki kandungan gizi paling tinggi. Namun untuk mengonsumsinya butuh waktu cukup lama, karena harus dimasak seperti memasak beras menjadi nasi.

Rolled Oat

Rolled oat banyak digunakan untuk pembuatan makanan sehat yang sedang tren, istilah kereenya yaitu overnight oat. Berasal dari groats yang dikukus, ditumbuk, lalu digiling, sehingga menghasilkan bentuk pipih. Rolled oat lebih mudah menyerap air, sehingga memasaknya direndam semalaman dengan susu atau air putih lalu ditambahkan buah-buahan untuk kemudian disantap sebagai sarapan.

Baca juga  Bikin Ayam Goreng Korea di Rumah, Dijamin Enak!

Quick Oat

Quick oat cukup banyak ditemui di supermarket dan gerai makanan. Terbuat dari oat yang sudah digiling dan ditipiskan sehingga menjadi sangat tipis. Quick oat memerlukan waktu memasak sekitar 3 menit-5 menit.

Instant Oat

Instant oat memiliki tekstur yang lebih halus dibanding quick oat, sehingga untuk bisa mengonsumsinya, cukup dengan menambahkan air panas, tidak perlu dimasak. Instant oat banyak dipakai sebagai campuran minuman sereal.

Translate »