Memahami Makna Malam Nuzulul Quran

Al Quran sebagai pedoman hidup.

Malam Nuzulul Quran merupakan proses diturunkannya Al Quran secara sekaligus dan berangsur-angsur melalui perantara malaikat Jibril. Membaca al-Qur’an adalah amaliah yang utama dan paling utama. Banyak ulama juga bersepakat bahwa membaca al-Quran merupakan dzikir yang paling utama, sarana yang paling mendapatkan porsi paling baik dalam mengingat Allah Swt.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al Baqarah ayat 185).

Baca juga  Semangat Awal Tahun dengan Mengevaluasi Syukur Kita

Al Quran juga menjadi pedoman kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar sesuai dengan kaidah Islam. al-Qur’an sebagai jalan dan pedoman hidup (way of life), untuk mengangkat manusia dari keterbelakangan, kebodohan dan kegelapan, (min adz-dzulumaat ila an-nuur).

هُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ عَلَى عَبْدِهِ ءَايَاتٍ بَيِّنَاتٍ لِيُخْرِجَكُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ وَإِنَّ اللَّهَ بِكُمْ لَرَءُوفٌ رَحِيمٌ

Dialah yang menurunkan kepada hamba-Nya ayat-ayat yang terang (al-Qur’an) supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyantun lagi Maha Penyayang terhadapmu (Al-Hadiid: 9).

Baca juga  Pentingnya Sifat Malu Dalam Islam

Kali ini, Malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan 1444 H jatuh di antara Jumat, 7 April 2023 dan Sabtu, 8 April 2023. Artinya, mulai malam Jumat (07/04/2023), umat Islam sudah bisa melakukan sederet amalan di Malam Nuzulul Quran.

Insyaallah, momentum bulan Ramadhan akan mengantarkan kita pada bulan-bulan berikutnya semakin sering dan terbiasa untuk mendaras, belajar, dan mengajarkan serta mengamalkan al-Quran. 

Translate »