Sederet Koleksi Modest Fashion di Berlin Fashion Week 2023

Didominasi corak abstrak dan floral.

Berlin Fashion Week kembali digelar mulai dari 17 hingga 21 Januari 2023 di Berlin, Jerman. Perhelatan busana tersebut menghadirkan pameran, instalasi, konferensi, dan acara eksklusif serta side event selama sepekan.

Berbagai label ikut menyemarakkan Berlin Fashion Week, yaitu Acceptence Letter Studio, Bobkova, Dennis Chuene, Esther Perbandt, Fassbender, Jean Gritsfeldt, Litkovska, LML Studio, Lou de Bétoly, Malaika Raiss, Namilia, ODEEH, Olivia Ballard, RIANNA + NINA, Sia Arnika, #DAMUR dan DZHUS.

Di sisi lain hadir pula koleksi modest fashion bernuansa floral, colorful dan vintage, antara lain:

  1. RIANNA + NINA 

Desainer Rianna Kounou dan Nina Knaudt merintis label pada tahun 2014 di Berlin. RIANNA + NINA identik bernuansa colorful dan vintage eksklusif. Melalui teknik daur ulang menghasilkan pola potongan busana kaftan, mantel, atau jubah yang diciptakan lewat teknik daur ulang khusus. 

RIANNA + NINA mengusung pesona adibusana feminin. Salah satunya, busana Rumania bersulam tangan dari awal abad ke-20 ditafsirkan kembali sebagai rok dan dipadukan dengan jacquard sutra tahun 1960-an dari kota Yunani Soufli. 

Lalu, blus plastron yang terbuat dari dua syal sutra Prancis antik dihiasi dengan obi belt Jepang abad pertengahan, sedangkan bagian belakang terbuat dari georgette krep Uzbekistan.

Selanjutnya, celana panjang palazzo yang dibuat dari sepasang kimono tomesode Jepang antik dan dihiasi dengan sulaman metalik halus tahun 1940-an. 

Ada juga aksesoris seperti keranjang tenunan tangan yang dilapisi kain ikat, dilukis tangan dan disulam dengan kristal Swarovski yang didaur ulang. 

Berikut beberapa potret koleksi dari RIANNA + NINA, antara lain:

Image: dok. Berlin Fashion Week
Image: dok. Berlin Fashion Week
Image: dok. Berlin Fashion Week
Image: dok. Berlin Fashion Week

2. Otto Drögsler dan Jörg Ehrlich

Pada tahun 2008, Otto Drögsler dan Jörg Ehrlich mendirikan label bernama ODEEH di Wuerzburg. Busana menampilkan kompleksitas, berani, kreatif, terkadang eklektik, santai, elegan, terkadang formal.

Otto Drögsler dan Jörg Ehrlich menggabungkan pola ikonik dari dekade yang berbeda dalam penampilan individu. Mantel dan blus dihiasi dengan motif ski. Blazer kontras tinggi dan mantel blazer dipadukan dengan gaun sensual.

Berikut beberapa potret koleksi dari Otto Drögsler dan Jörg Ehrlich, antara lain: