Baru Diresmikan, Ini Kemegahan Masjid Al-Jabbar

Masjid yang didesain oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Masjid Raya Al-Jabbar terletak di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Jumat, 30 Desember 2022 silam.

Perbincangan diawali dengan pertemuan Ridwan Kamil saat menjadi Wali Kota Bandung bertemu dengan Ahmat Heryawan yang kala itu menjabat sebagai Gubernur Jabar, tepat pada 2015. Pertemuan tersebut mengarah pada rencana pembangunan Masjid Al-Jabbar yang diharapkan menjadi ikon kebanggaan masyarakat Jabar.

“Kemudian berproseslah gagasan itu. Akhirnya, (pembangunan masjid raya) sebaiknya di selatan Kota Bandung, tanahnya leluasa. Sudah ada stadion, dekat dengan stasiun kereta cepat Tegalluar. Diputuskanlah lokasi di sini,” kata Ridwan Kamil dalam sambutan saat peresmian, Jumat (30/12/2022).

Desain dan konsep Masjid Al-Jabbar dilahirkan oleh Ridwan Kamil. Meskipun dibangun di daerah berpotensi banjir, maka dibuatlah danau atau kolam retensi. “Ini masjid seolah-olah terapung. Jadi, Al-Jabbar berada di danau buatan,” kata gubernur yang akrab disapa Kang Emil.

Baca juga  5 Momen Kebahagiaan Ivan Gunawan Jalani Ibadah Umrah

Inspirasi masjid ini datang dari rumus matematika, di bawah terdapat 10 bentuk kurva, di atasnya lima kurva, kemudian jadi empat, jadi dua dan atasnya satu. Nama Al-Jabbar merupakan asmaulhusna, artinya Mahaperkasa, Mahajuara. Selain itu, juga singkatan dari Jawa Barat.

Masjid Raya Al-Jabbar dibangun di lahan seluas 25 hektare. Masjid ini menampung sekitar 50 ribu jemaah. Dilengkapi dengan 27 pintu yang namanya diambil dari daerah di Jabar. Ornamen hiasan dari masjid ini memiliki motif khas daerah dari setiap kota dan kabupaten di Jabar. Motif khas tersebut diaplikasikan pada model relung-relung dan jendela Masjid.

Baca juga  Ingin Usaha Dilirik Para Investor? Ini Beberapa Caranya!

Ciri khas Jawa Barat juga hadir pada penangkal petir Masjid Raya Al-Jabbar, desainnya diberikan sentuhan Bola-bola seperti Gedung Sate, yang merupakan kantor Gubernur Jawa Barat. Bedanya hanya memiliki lima bolabola-bola yang melambangkan rukun islam.

Fasilitas yang tersedia di Masjid Al-Jabbar di antaranya plaza, selasar, ruang salat mezaninen, dan ruang salat utama.

Dilengkapi juga dengan museum sejarah Islam, sejarah Rasulullah, 25 nabi, dan perkembangan Islam di Nusantara. Masjid Al-Jabbar juga dikelilingi taman bertema 25 nabi dan rasul, seperti taman Nabi Adam, taman Ibrahim dan taman Nabi Yunus.

Translate »