4 Manfaat Hyaluronic Acid Bagi Kesehatan Kulit Wajah

Formulasi produk skin care dengan hyaluronic acid atau asam hialuronat tengah naik daun karena keefektifannya meregnerasi kulit wajah dan beberapa permasalahan kulit lainnya. 

Berikut dirangkum dari Healthline, 4 manfaat hyaluronic acid bagi kesehatan kulit wajah, antara lain:

  1. Melembapkan kulit dan terasa lebih kenyal.

Hyaluronic acid adalah senyawa yang ditemukan secara alami di kulit, yang mengikat air untuk membantu mempertahankan kelembapan.

  1. Memperbaiki kulit akibat radiasi ultraviolet.

Proses penuaan alami terjadi karena paparan radiasi ultraviolet dari matahari, asap tembakau, dan polusi dapat menurunkan jumlahnya di kulit. 

Mengutip dari Hello Sehat, bagi orang yang sering bermasalah dengan kulit terbakar akibat beraktivitas di bawah terik matahari, krim pelembap hyaluronic acid dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak.

Sinar matahari memang bermanfaat untuk meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh. Akan tetapi, paparan sinar matahari secara berlebihan dapat merusak jaringan kulit, mempercepat penuaan kulit, dan bahkan meningkatkan risiko penyakit kanker.

Saat tubuh mendeteksi kerusakan pada kulit, hyaluronan segera membantu perbaikan kulit lewat reaksi peradangan yang terkendali. Senyawa ini merangsang pembentukan pembuluh darah pada area yang rusak sehingga kulit pulih lebih cepat.

  1. Mengurangi kerutan, kemerahan dan dermatitis.

Sebuah studi tahun 2014, mengonsumsi suplemen asam hialuronat dengan dosis 120–240 miligram (mg) per hari selama minimal 1 bulan telah terbukti meningkatkan kelembapan kulit secara signifikan dan mengurangi kulit kering pada orang dewasa.

Kulit yang terhidrasi juga mengurangi munculnya kerutan dan membuat kulit tampak lebih halus. Serum asam hialuronat dapat mengurangi kerutan, kemerahan, dan dermatitis.

Beberapa dokter kulit bahkan menyuntikkan asam hialuronat agar kulit tetap kencang dan awet muda.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Asam hialuronat mampu mempercepat penyembuhan luka. Secara alami ada di kulit, tetapi konsentrasinya meningkat ketika ada kerusakan yang perlu diperbaiki.

Karena dapat mengatur tingkat peradangan dan memberi sinyal pada tubuh untuk membangun lebih banyak pembuluh darah di area yang rusak.

Asam hialuronat juga memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat membantu mengurangi risiko infeksi bila dioleskan langsung ke luka terbuka.

Itu dia beberapa manfaat hyaluronic acid yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah Scarf Lover!