Kejanggalan yang Terungkap Pada Kasus Keluarga Tewas di Kalideres

Mereka pasrah ketika ditanya oleh petugas PLN listrik rumahnya ingin dicabut

12

Warga kalideres digemparkan oleh berita tewasnya satu keluarga di dalam rumah. Keluarga yang tewas bersamaan ditemukan oleh warga sekitar di rumah mereka yang beralamat di komplek Perumahan Citra Garden Extension Blok AC5 Nomor 7, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat pada Kamis (10/11/2022) sore.

Dilansir dari Antara News, Keluarga tersebut diketahui identitasnya terdiri dari Rudyanto Gunawan (71), istrinya Renny Margaretha Gunawan (68), anak mereka Dian (40), dan Budyanto Gunawan (63) ipar dari Rudyanto.

Ditemukannya 4 jasad tersebut berawal dari laporan warga yang menyium bau tidak sedap dan sangat menyengat berasal dari dalam rumah. Setelah akhirnya ditemukan tewas oleh warga sekitar, Ketua RT setempat melaporkan kejadian tersebut ke polisi. Penyebab kematian keluarga tersebut belum terungkap jelas dan masih dipenuhi oleh kejanggalan hingga kini. Beberapa kejanggalan diantaranya:

  1. Tak ada bekas luka di 4 jenazah yang ditemukan
    Menurut hasil autopsi dari Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati tidak menemukan adanya bekas luka kekerasan pada empat jenazah yang ditemukan. Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar saat ditemukan di RS Polri Kramat Jati, mengatakan “Tidak ditemukan tanda kekerasan. Untuk jenazah membusuk karena sudah lebih dari satu minggu,” jelasnya dikutip dari CNN Indonesia.
  1. Pasrah ketika listrik PLN ingin dicabut
    Keluarga tewas di Kalideres meninggalkan satu pesan terakhir kepada petugas PLN. Terungkap bahwa petugas PLN sempat menanyakan perihal tunggakan listrik yang tak kunjung dibayar sebelum akhirnya terputus. Rupanya, keluarga tersebut tampak pasrah saat petugas PLN mencabut listrik rumahnya.

    Menyadur dari Tribun Jatim, hal tersebut terlihat dari balasan chat via WhatsApp petugas PLN yang kemudian dijawab keluarga tersebut ‘enggak apa apa’. Hal tersebut mejadi salah satu yang janggal.

  1. Walau rumah tertutup rapat, tetapi terdapat penghilang bau
    Dengan kondisi rumah yang masih tertutup rapat, pihak kepolisian memeriksa kedalam rumah dengan membobol paksa. Namun, polisi menemukan beberapa bekas kapur barus dan bedak bayi di sekitar jasad korban.
  1. Terlihat banyak susu bayi, tetapi tidak ada bayi satu pun
    Menyadur dari Detik News, ditemukannya susu bayi di dalam rumah korban, padahal tidak diketahui keluarga tersebut memiliki bayi.