Ghanim Al-Muftah Latunkan Surat Al Hujurat Ayat 13 di Opening Ceremony FIFA World Cup Qatar 2022

Difabel yang inspiratif.

29

Opening Ceremony Piala Dunia 2022 sukses menyita perhatian dunia, dengan penampilan para pengisi acara yang spektakuler.

Suasana khidmat juga menyelimuti Stadion Al Bayt, Al Khor dengan ayat suci Al-Qur’an, Surat Al-Hujurat Ayat 13 yang dilatunkan oleh Ghanim Al-Muftah, berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

 

Terjemahan

Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.

Berikut adalah tafsiran ringkas dari Kementerian Agama Republik Indonesia, antara lain:

Allah telah menciptakan seorang laki-laki dan seorang perempuan, yakni berasal dari keturunan yang sama yaitu Adam dan Hawa. Semua manusia sama saja derajat kemanusiaannya, tidak ada perbedaan antara satu suku dengan suku lainnya. 

Allah telah menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal dan dengan demikian saling membantu satu sama lain, bukan saling mengolok-olok dan saling memusuhi antara satu kelompok dengan lainnya. 

Allah tidak menyukai orang yang memperlihatkan kesombongan dengan keturunan, kekayaan atau kepangkatan karena sungguh yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.

Ghanim Al-Muftah adalah sosok difabel penuh inspiratif yang lahir pada 5 Mei 2002, dengan kondisi Caudal Regression Syndrome (CDS), yaitu penyakit langka yang lahir dengan kondisi tanpa bagian tubuh yang utuh.

Dirinya terpilih menjadi brand ambassador Piala Dunia 2022 Qatar. Lantaran, FIFA menilai semangat Ghanim patut dicontoh dengan berkarya di tengah keterbatasan.

Piala Dunia 2022 Qatar menjadi pertama kali berlangsung di tanah Arab, dengan penampilan tiga unta, La’eeb (maskot Piala Dunia 2022), aktor Amerika Morgan Freeman dan lagu Dreamers dari Jungkook dari boy band K-pop BTS, bersama penyanyi Qatar Fahad Al-Kubaisi.