Doa Saat Terjadi Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi pada malam ini Selasa, (8/11/2022) di Indonesia. Fenomena langka ini menjadi kali kedua dan yang terakhir di tahun 2022. Gerhana bulan total terjadi karena konfigurasi antara Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus.

Berdasarkan jadwal resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Gerhana Bulan Total kali ini terjadi dengan durasi total selama 1 jam, 24 menit, 58 detik dan durasi umbral (sebagian + total) selama 3 jam, 39 menit, 50 detik. Puncak Gerhana Bulan Total dapat disaksikan mulai pukul 18.00 WIB/19.00 WITA/20.00 WIT.

Dalam Islam, saat fenomena terjadinya Gerhana Bulan Total dianjurkan untuk salat gerhana, melakukan amalan sholeh, perbanyak dzikir dan berdoa. Dilansir dari laman NU Online berikut amalan saleh yang dapat Anda lakukan.

Baca juga  Bolehkah Bermain Catur dalam Islam?

Bersedekah, taubat dari maksiat, mengerjakan kebaikan, berhati-hati dan tidak lalai. memperbanyak doa, istighfar, dan berzikir.

Selain melakukan amalan saleh, dianjurkan juga untuk salat gerhana yang termasuk dalam sunnah muakkad. Artinya, salat tersebut lebih baik jika dikerjakan secara berjamaah.

 و) القسم الثاني من النفل ذي السبب المتقدم وهو ما تسن فيه الجماعة صلاة (الكسوفين) أي صلاة كسوف الشمس وصلاة خسوف القمر وهي سنة مؤكدة

Artinya: “Jenis kedua adalah shalat sunnah karena suatu sebab terdahulu, yaitu shalat sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah yaitu shalat dua gerhana, shalat gerhana matahari dan shalat gerhana bulan. Ini adalah shalat sunah yang sangat dianjurkan.” (Lihat: Syekh Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, Bandung, Al-Maarif).

Baca juga  Hentikan Segera, ini Bahaya Tidur di Pagi Hari

Berikut doa saat melaksanakan salat gerhana bulan, yaitu:

إنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَصَلُّوا وَادْعُوا حَتَّى يَنْكَشِفَ مَا بِكُمْ

Artinya: “Sungguh matahari dan bulan adalah tanda kekuasaan Allah SWT, tidak terjadi gerhana keduanya (matahari dan bulan) karena kematian seseorang ataupun kehidupannya. Apabila kalian melihat gerhana, maka shalat dan doalah hingga gerhana tersebut selesai”.

Translate »