Cara Ini Membuat Anda Terhindar Dari Jet Lag

Masalah tidur mempengaruhi siapa saja yang berpergian di antara zona waktu yang berbeda.

10

Jet lag akan membuat Anda merasa kelelahan di siang hari atau perasaan tidak enak badan juga mempengaruhi suasana hati setiap individu.

Gejala jet lag biasanya terjadi dalam satu atau dua hari perjalanan. Gejala cenderung mendominasi semakin banyak zona waktu yang dikunjungi, terutama jika individu melakukan perjalanan ke arah timur. Biasanya memakan waktu satu atau dua hari untuk setiap zona waktu yang dilewati. Untuk menghindari masalah jet lag setelah jam terbang, Scarf Lover bisa ikuti beberapa cara berikut ini.

  1. Tidur yang cukup
    Sehari sebelum penerbangan Anda, seseorang harus banyak tidur, semakin banyak orang yang kurang tidur, semakin jet lag akan terjadi.
  1. Sesuaikan rutinitas Anda sebelum penerbangan
    Jika Anda bepergian ke arah timur, cobalah tidur satu jam lebih awal selama beberapa hari sebelum keberangkatan Anda. Demikian pula, jika terbang ke arah barat cobalah tidur terlambat satu jam, dari siklus tidur Anda yang biasa.
  1. Mengatur paparan cahaya
    Paparan cahaya menjadi salah satu alasan utama yang mempengaruhi siklus tidur tubuh. Selain itu, saat bepergian ke barat coba sesuaikan dengan zona waktu yang lebih lambat dari biasanya, dan paparan cahaya pagi dapat membantu Anda beradaptasi dengan zona waktu sebelumnya lebih cepat.
  1. Sesuaikan jadwal
    Atur waktu Anda ke waktu standar lokal tempat sebelum Anda pergi, setelah Anda berada di tempat tujuan cobalah untuk tidur di malam hari setempat. Cobalah mengatur waktu makan Anda ke waktu setempat, ini hanya akan membantu Anda menyesuaikan lebih cepat dan dengan cara yang sangat mulus.
  1. Tetap jaga tubuh agar terhidrasi
    Minumlah banyak air sebelum, selama, dan setelah penerbangan Anda untuk melawan reaksi di area kabin yang mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa memperburuk kasus jet lag. Hindari kafein, dan alkohol, karena ini dapat membuat seseorang dehidrasi dan memengaruhi tidur Anda.