Kepoin Wajah Baru Kota Tua Jakarta

Museum Sejarah Jakarta menjadi lokasi wisata favorit wisatawan Kawasan Kota Tua, Jl. Taman Fatahillah 1, Jakarta Barat hingga saat ini.

Berbagai wisatawan lokal dan mancanegara berjalan di trotoar yang selesai dibangun di Jalan Pintu Besar Utara, kawasan Kota Tua, Jakarta.

Image : Dok. Redaksi

Kawasan Kota Tua Jakarta baru saja menyelesaikan revitalisasi yang dibangun bertujuan tak hanya pembangunan fisik, tetapi juga untuk mengubah pola pikir masyarakat bahwa sejatinya memuliakan pejalan kaki adalah indikasi kota modern.

Pembangunan fisik berupa penataan jalan, trotoar, dan drainase di kawasan Kota Tua pada dasarnya memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat pejalan kaki dalam mengakses kawasan Kota Tua secara menyeluruh.

Baca juga  Pantai Di Jogja yang Wajib Untuk Dikunjungi
Image : Dok. Redaksi

Pascarevitalisasi, Kota Tua Jakarta menjadi terkoneksi dengan transportasi umum. Kawasan tersebut sudah terintegrasi dengan transportasi umum, seperti KRL Commuter Line dan halte Transjakarta.

Image : Dok. Redaksi

Sepanjang jalan Kota Tua menuju Gedung Bank BNI yang dulu dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat, kini berubah menjadi kawasan pejalan kaki dan pesepeda. Jalur pedestrian semakin tertata apik.

Trotoar dilengkapi dengan jalur pesepeda serta ubin pengarah bagi penyendang disabilitas.

Image : Dok. Redaksi

Selain itu untuk memberi suasana asri dan segar, ditanami pula pepohonan kecil di sepanjang jalan agar terlihat hijau dan lebih rapih. Ini juga bentuk upaya menyediakan kawasan dengan udara bersih. Seiring dengan diberlakukannya Kawasan Rendah Emisi atau Low Emission Zone (LEZ) untuk meningkatkan kualitas udara sekitar pedestrian agar tidak diselubungi asap kendaraan.

Baca juga  5 Tempat Wisata Alam yang Indah di Papua Selain Raja Ampat

Menyadur dari beritasatu.com, program revitalisasi Kota Tua di kawasan Jakarta Barat dan Utara dinyatakan telah selesai 100%. Program tersebut menghabiskan biaya sebesar Rp. 102 miliar.

Revitalis yang telah rampung bukanlah revitalis gedung-gedung tua, melainkan hanya penataan jalur pedestrian beserta fasilitas umum.

Selain itu, juga ada Museum Sejarah Jakarta yang melakukan penambahan loket pintu masuk, yaitu di pintu barat dan pintu utara.

Jika Scarflover berkunjung ke Kawasan Kota Tua jangan lupa berswafoto yah.

Translate »