Kemdikbudristek Keluarkan Aturan Baru Seragam Baju Adat SD hingga SMA

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) mengeluarkan aturan terbaru seragam sekolah untuk siswa SD hingga SMA, yang tertuang dalam Peraturan Mendikbudristek Nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Salah satunya adalah aturan seragam terkait baju adat yang dikenakan siswa saat hari atau acara adat tertentu.

Aturan tersebut menimbang untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan kedisiplinan peserta didik serta meningkatkan citra satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah jalur pendidikan formal, perlu pengenaan pakaian seragam sekolah bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah jalur pendidikan formal;

Baca juga  Anggota DPR Berencana Batasi Penggunaan Gas LPG, Kenapa?

Lebih jelas, dalam terkait baju adat tercantum:

Bab II

Pakaian Seragam Sekolah 

Bagian Kesatu 

Pasal 4 

Selain pakaian seragam Sekolah dan Pakaian Seragam Khas Sekolah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya dapat mengatur pengenaan pakaian adat bagi Peserta Didik pada Sekolah.

Sementara masih dibab yang sama pada Bagian Kedua “Model dan Warna, berbunyi:

Paragraf 4 

Pakaian Adat 

Pasal 9 

Baca juga  Ketahui Bahaya Pemberian MPASI Terlambat Pada Bayi

Model dan warna pakaian adat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ditetapkan Pemerintah Daerah dengan memperhatikan hak setiap Peserta Didik untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya.
Aturan mulai berlaku sejak 7 September 2022. Hal ini menandakan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 768), dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Informasi lebih lanjut dapat mengakses link berikut : kemendikbud

Translate »