Jakarta Fashion Week 2023 Hadir di Metaverse

Mengundang perancang mode internasional.

21

Jakarta Fashion Week 2023 memadukan Metaverse, seiring kemajuan teknologi. JFW 2023 bekerja sama dengan WIR Group, perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI), melalui Nusameta, besutan dari WIR Group, yang merupakan ekosistem metaverse Indonesia.

Jakarta Fashion Week 2023 akan berlangsung di Pondok Indah Mall III, Jakarta Selatan, pada 24–30 Oktober 2022. Terdapat 34 show dari setidaknya 116 label fashion. Ada 5 peragaan busana yang dimulai sejak pukul 13.00 WIB siang hingga 21.00 WIB yang juga bisa disaksikan secara livestream.

Chairwoman Jakarta Fashion Week dan CEO GCM Group Svida Alisjahbana mengatakan kali ini pihaknya memodifikasi jadwal peragaan busana agar tidak sepadat perhelatan di tahun-tahun sebelumnya. 

Jakarta Fashion Week menghadirkan lebih dari 1600 tampilan koleksi terbaru karya pegiat mode. Beberapa nama yang patut dinanti adalah Obin, Harry Halim, Jeffry Tan, Yosafat Dwi Kurniawan, Wilsen Willim, Benang Jarum, Nada Puspita, Sejauh Mata Memandang. 

Selain itu, turut hadir perancang mode-perancang mode Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), yakni Sebastian Gunawan, Didi Budiardjo, Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Chossy Latu, Ghea Panggabean, Andreas Odang, Denny Wirawan, Priyo Oktaviano, Eridani, Liliana Lim dan masih banyak lagi. 

Mengutip dari AntaraNews, ada 3 perancang mode internasional, yaitu Ngali by Denni Francisco dari Australia, serta St. Ego dan Doucan dari Korea Selatan.