Chevie Mawarti Sosok Penggiat Kerajinan Ibukota

Chevie Mawarti Setianingrum merupakan sosok Ibu Rumah Tangga (IRT) yang memiliki kreativitas tinggi dalam pengolahan limbah rumah tangga menjadi sebuah kerajinan tangan yang sangat bermanfaat. Kerajinan ini dibuatnya suatu usaha bernama Arnetta Craft. 

Arnetta Craft berdiri pada tahun 2016, yang didasari oleh banyaknya keterampilan dari kerajinan tangan yang diminati dipasaran saat itu. Setelah mengikuti zaman, lambat laun Arnetta Craft mempunyai konsep daur ulang pada setiap kerajinannya.  

Image: arnettacraft_jkt (Instagram)

Pada 2019, Arnetta Craft mulai mengolah limbah secara intense sehingga menghasilkan souvenir dan hampers berupa lilin terrarium dan sabun cuci. Produk kerajinan ini dibuat dengan memberdayakan lingkungan sekitar termasuk para ibu rumah tangga yang berada di daerah Chevie tinggal, yaitu Jakarta Timur.

Baca juga  Mengenal Nouhaila Benzina, Pesepak Bola Hijab Pertama yang Tampil di Piala Dunia Wanita 2023

Dengan mengajak para Ibu Rumah Tangga mengikuti kegiatan kerajinan ini agar bermanfaat terhadap lingkungan sekitar, khususnya dalam aspek ekonomi. Chevie mengatakan, “Ada seorang ibu yang berkata kepada saya bahwa hasil dari pemberdayaan ini dapat membiayai kuliah anak di saat pandemi,” jelas Chevie dalam wawancara eksklusif bersama tim Scarf Media pada Jum’at, 23 September 2022.

Image: Dok.Redaksi

Adapun tantangan yang dialami Chevie dalam bidang kerajinan ini adalah mengikuti perkembangan tren. “Kita tidak boleh malas dalam mencari informasi terkini untuk menemukan banyak inspirasi dari yang sedang tren dan diminati masyarakat luas. Fokus kita tetap pada kerajinan yang dapat dinikmati semua jenis kalangan dari yang muda hingga tua secara lokal dan internasional,” ungkapnya.

Baca juga  Tidak Membuang-buang Pakaian Harus Mulai Diterapkan

Hasil kerja kerasnya membangun sebuah kerajinan, membawanya menjadi nominasi Ibu Ibukota 2019. Hal ini merupakan ketidaksengajaan karena Chevie didaftarkan oleh ibu-ibu PKK hingga sampai pada nominasi Ibu Ibukota 2019. 

Menjadi bagian dari Ibu Ibukota, banyak manfaat yang didapatkan. Salah satunya banyak orang yang tahu bagaimana mengolah limbah rumah tangga menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan memiliki nilai jual.

Harapan untuk program Ibu Ibukota tetap berlanjut agar banyak orang peduli lingkungan dan sesama. #AksiHidupBaik bukan untuk diri kita sendiri, tetapi untuk semua kebaikan.

Translate »