Makna Dibalik Mutiara Kate Middleton dan Megan Markle Saat Pemakaman Ratu Elizabeth II

Simbolis air mata.

18

Saat proses pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey tampak Kate Middleton, Princess of Wales dan Meghan Markle, Duchess of Sussex, mengenakan perhiasan mutiara.

Perhiasan mutiara saat suasana berkabung menjadi tradisi yang pertama kali diperkenalkan di era Ratu Victoria. Mutiara dimaksudkan sebagai kemurnian dan simbolis air mata dukacita para keluarga kerajaan Inggris. Serta pakaian serba hitam di setiap upacara pemakaman.

Image: cpg.media (Instagram)

Dengan begitu, Kate Middleton mengenakan coat dress hitam dari Alexander McQueen, yang juga ia miliki dalam warna putih, dan yang sebelumnya ia kenakan pada KTT G7 tahun lalu di Cornwall, Inggris. 

Kate memadukannya dengan topi hitam dengan kerudung berjaring beserta kalung mutiara Jepang milik Ratu Elizabeth II yang terdiri dari 4 helai yang disatukan.

Mutiara itu adalah hadiah dari pemerintah Jepang dan mendiang Ratu pun membuatnya menjadi kalung choker. Untuk pertama kalinya pada awal 1980-an beliau mengenakannya dan kemudian meminjamkannya pula kepada Putri Diana pada 1982 untuk kunjungan kenegaraan ke Belanda.

Selanjutnya, choker dipakai oleh Kate Middleton di tahun 2017 saat perjamuan makan malam ulang tahun pernikahan ke-70 Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.

Image: makebyfarahz (Instagram)

Sementara Meghan Markle tiba mengenakan gaun jubah hitam oleh Stella McCartney, yang merancang gaun halter top yang dikenakannya ke resepsi pernikahannya.

Markle juga mengenakan topi Stephen Jones dengan pinggiran lebar. Informasi yang diterima dari WWD, anting mutiaranya tersebut adalah hadiah pertunangan dari Ratu Elizabeth II pada 2018.