5 Keunggulan Air Fryer yang Bikin Masakan Lebih Sehat

Mengurangi risiko kebakaran di dapur.

10

Air fryer menjadi alternatif yang lebih sehat untuk menggoreng makanan. Hal ini terbukti dari ikan berlemak seperti sarden yang dimasak melalui air fryer, ternyata mampu menurunkan kandungan lemak sehat (lemak tak jemanuh ganda) dan sedikit meningkatkan oksidasi kolesterol, yang dapat berdampak negatif terhadap kadar kolesterol.

Image : Freepik

Berikut 5 manfaat memakai air fryer, antara lain:

  1. Rendah lemak
    Air fryer menggunakan minyak secara signifikan lebih sedikit daripada memasak pada umumnya. Dalam studi tahun 2015 yang dikutip dari BBC Good Food, menunjukkan bahwa makanan yang dimasak menggunakan air fryer lebih rendah lemaknya. 
  1. Dapat membantu manajemen berat badan
    Air fryer dapat membantu menurunkan asupan kalori. Namun, hal ini bergantung pada metode memasak dalam makanan.
  1. Menurunkan kadar akrilamida
    Ada beberapa bukti bahwa menggunakan air fryer mengurangi senyawa yang dikenal sebagai akrilamida hingga 90%, dibandingkan dengan menggoreng dalam lemak. Akrilamida adalah zat kimia yang terbentuk ketika makanan bertepung, seperti kentang, dimasak pada suhu tinggi (di atas 120C). Akrilamida dikenal sebagai karsinogen.
  1. Lebih aman di dapur
    Deep frying melibatkan memanaskan wajan besar berisi minyak ke suhu tinggi. Hal ini dapat menimbulkan risiko kebakaran di dapur karena minyak panas dapat tumpah, terciprat, atau terbakar. Air fryer bila digunakan sesuai dengan petunjuk bisa dipastikan tidak menimbulkan risiko keamanan yang sama.
  1. Nutrisi tetap terjaga
    Panas konveksi, seperti yang digunakan dalam air fryer menjaga nutrisi tertentu selama proses memasak, seperti vitamin C serta berbagai senyawa polifenol.