Wow! Penutup Kain Ka’bah di Mekah Beratnya 850 Kg

Terbuat dari benang emas dan perak.

13

Beberapa hari yang lalu, tradisi mengganti penutup Ka’bah (kiswah) di Mekah, Arab Saudi telah digelar Sabtu (30/7/2022), pada awal tahun baru Islam 1444 H.

Dulu kiswah itu diganti setahun sekali saat haji, khususnya pada pagi hari tanggal 9 Dzulhijjah setelah para jamaah berangkat ke Gunung Arafat.

Presidensi Umum Dua Masjid Suci Arab Saudi mengumumkan perubahan tradisi sehingga acara tahunan akan diadakan pada malam 1 Muharram, hari pertama dalam kalender Hijriah.

Sheikh Abdulrahman Al-Sudais, presiden kepresidenan Dua Masjid Suci, mengatakan perubahan itu dibuat berdasarkan keputusan kerajaan.

Image: Arab News

Menurut Saudi Press Agency dari Arab News, perubahan Kiswah Sabtu pagi dilakukan oleh tim 200 teknisi Saudi dari Kompleks Raja Abdulaziz untuk Pembuatan Kiswah Ka’bah, di bawah pengawasan Sheikh Sudais.

“Kiswah baru terdiri dari empat sisi terpisah dan tirai pintu dipasang. Masing-masing dari empat sisi Ka’bah diangkat secara terpisah ke puncak Ka’bah sebagai persiapan untuk membukanya di sisi lama, dan memperbaiki sisi dari atas dengan mengikatnya ke bawah dan menjatuhkan ujung sisi yang lain, setelah tali sisi lama dilonggarkan,” beber Sheikh.

Proses ini dimulai pertama dari sisi kelim, karena adanya talang yang memiliki lubang tersendiri di bagian atas garmen, dan setelah semua sisi diperbaiki, sudut-sudutnya diperbaiki dengan menjahitnya dari atas garmen. pakaian sampai ke bawah.”

Teknisi melakukan penenunan, penjahitan dan pencetakan dengan tangan dan mesin menggunakan 47 lembar kain dan benang untuk membuat Kiswa. Kain sepanjang 16 meter dan dijahit menjadi lima bagian yang berbeda dan dipasang pada alasnya dengan cincin tembaga. Sekitar 670 kilogram sutra mentah diwarnai hitam di kompleks itu.

Kiswah dihiasi dengan ayat-ayat Alquran yang disulam ke kain dengan 120 kilogram benang emas 21 karat dan 100 kilogram benang perak.

Biaya pembuatan Kiswa seberat 850 kilogram diperkirakan menelan biaya lebih dari Rp 96,8 miliar.