Mitos atau Fakta Minum Air Dingin saat Haid Menimbulkan Kista

Menstruasi adalah periode perubahan fisiologis yang dialami oleh wanita. Banyak sekali stigma yang muncul mengenai menstruasi atau haid ini. Hal tersebut membuat para wanita khawatir dengan adanya stigma yang menyebar di masyarakat.

Salah satunya adalah stigma mengenai air dingin yang diminum ketika haid dapat menyebabkan timbulnya kista.

Mengetahui stigma yang tersebar di masyarakat dan sering kali dipercayai. Beberapa penjelasan medis yang dijelaskan oleh dr. Tirta ini bisa menjawab stigma yang beredar.

Baca juga  Mengenal Ramsay Hunt Syndrome yang Diidap Justin Bieber

Menurutnya hal tersebut tidak adanya kesinambungan sama sekali. Karena letak lambung, ginjal dan rahim tidak memiliki jalur yang sama. Sehingga air yang kita minum tidak akan masuk ke rahim. Lagi pula, suhu air yang kita minum sudah dinetralkan oleh mulut terlebih dahulu sebelum diproses ke lambung.

“Ini lambung, ini hati, rahim itu dibawah, diatas kandung kemih, dekatan. Jalurnya lambung ke rahim itu kemana?  Dari air dingin, dari lambung, trus diolah, masuk ke ginjal, ke darah. Jalurnya kemana lewat rahim? Nyebrang gitu lewat jembatan? Lagi pula air beberapa pun suhu ketika masuk tubuh itu dinetralkan sama tenggorokan kita dan lambung kita,” ujarnya.

Baca juga  Ketahui Kelenjar Keringat Si Penyebab Bau Badan

Kesimpulannya, stigma tersebut adalah mitos karena air dingin tidak memengaruhi timbulnya kista ketika kita minum saat haid. Untuk itu, Scarflover perlu mencari tahu terlebih dahulu secara teori kebenaranya terhadap stigma-stigma yang beredar.

Translate »