Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Kandungan tinggi antioksidan yang baik untuk kesehatan mental hingga mencegah stroke

14

Selama ribuan tahun, orang China dan Jepang telah mengonsumsi teh hijau karena memberi efek menenangkan dan khasiatnya. Daun teh hijau sengaja tidak difermentasi untuk menjaga warna hijau teh dan meningkatkan kandungan antioksidannya untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari teh hijau yang baik untuk kesehatan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mental

    Menikmati seduhan teh hijau, seringkali membuat kita rileks. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam amino yang disebut theanine, bermanfaat menghilangkan stres, menginduksi relaksasi, dan mengurangi kecemasan. Pada sebuah studi tahun 2016 dalam majalah Pharmacognosy, teh hijau memiliki kandungan theanine yang tinggi dibandingkan dengan jenis teh lain, seperti teh oolong, teh hitam, dan teh putih. Dalam penelitian tahun 2020 pada Plant Foods for Human Nutrition, menemukan bahwa mengonsumsi 200 hingga 400 miligram theanine setiap hari dapat mengurangi stres dan kecemasan. Penelitian tersebut membuktikan bahwa kandungan theanine yang kalian temukan dalam satu atau dua cangkir teh hijau, baik untuk kesehatan mental kalian.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

    Penelitian juga membuktikan bahwa teh hijau dapat meningkatkan daya ingat. Sebuah studi tahun 2014 dalam Psychopharmacology menemukan ada 12 sukarelawan sehat yang menemukan ekstrak teh hijau yang dapat meningkatkan memori kerja dalam perencanaan, pemahaman, penalaran dan pemecahan masalah.

  1. Mengurangi Tekanan Darah.

    Kemampuan teh hijau untuk menurunkan tekanan darah mungkin karena kandungan antioksidannya yang tinggi, menurut analisis tahun 2020 dalam United States National Library of Medicine (NLM). Antioksidan ini mengurangi peradangan dan melebarkan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir lebih mudah.

  1. Mencegah Stroke

    Sebuah studi tahun 2020 di American Journal of Clinical Nutrition, melacak kebiasaan minum teh hampir setengah juta orang dewasa China. Studi ini menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih rendah. Faktanya, semakin banyak teh hijau yang diminum orang, semakin rendah risiko stroke mereka.