Ini Dia Film Tentang Kemerdekaan Republik Indonesia

Mengetahui sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia lewat film

24

Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah menonton film yang berkaitan dengan bangsa Indonesia. Menonton film bertemakan nasionalisme dapat mengenang perjuangan para pahlawan kita yang penuh semangat dan inspiratif memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

  1. Soekarno (2013)
    Film ini mengikuti kehidupan Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarnomdari masa kecilnya hingga beliau berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia bersama Moh. Hatta pada 17 Agustus 1945. Film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini juga menjelaskan awal mula perjalanan Soekarno sebagai seorang pemuda yang bercita-cita tinggi ingin membebaskan Indonesia dari penjajahan, kemudian ditangkap Pemerintah Hindia Belanda di Jawa dan dimasukkan ke Penjara Banceuy di Bandung.
  1. Merah Putih (2009)
    Film karya Yadi Sugandi ini berkisah tentang perjuangan pahlawan menghadapi peristiwa Agresi Militer Belanda I pada tahun 1947. Lima tokoh utama, Amir, Tomas, Dayan, Soerono, dan Marius merupakan kadet yang mengikuti laihan militer di sebuah Barak di Bantir, Semarang, Jawa Tengah. Masing-masing memiliki latar belakang, suku dan agama yang berbeda menjadikan film ini memiliki karakter bangsa Indonesia yang kuat.
  1. Battle of Surabaya (2014)
    Sebuah film animasi yang menceritakan petuangan Musa (tokoh utama) seorang remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran dahsyat 10 November di Surabaya.
  1. Perburuan (2019)
    Film ini mengisahkan tentang kemerdekaan Indonesia dengan latar waktu enam bulan setelah kegagalan tantara Pembela Tanah Air (PETA) melawan tantara Jepang. Akibatnya, Komandan Pleton Hardo terluka dan pulang ke kampung halamannya di Blora, Jawa Tengah.
  1. Kadet 1947 (2021)
    Film jenis drama biografi perang Indonesia ini menceritakan kisah heroik para kadet Angkatan Udara yang menyerang markas Belanda di masa Agresi Militer Belanda II pada 1947.