Hebat! Khansa Syahla Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Tertinggi Eropa

Masih pelajar SMA di bangku kelas sepuluh.

29

Khansa Syahla berhasil mendaki Gunung Elbrus, di Rusia gunung ke-77 tepat pada Dirgahayu Republik Indonesia ke-77. Sandiaga uno mengungkapkan angka cantik ini untuk mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung tertinggi Eropa.

Hal ini sebagai bentuk konkret dan aksi nyata dalam mengharumkan nama bangsa, bukan cuma rebahan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung misi yang akan dijalankan Khansa Syahla siswa kelas sepuluh SMA Labschool Jakarta Timur untuk mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Elbrus, Rusia, dalam peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia.

“Khansa ingin menghadiahkan kemerdekaan Indonesia ke-77 dengan mendaki gunung ke-77 di usianya yang sangat muda ini. Khansa adalah brand ambassador dari Eiger Adventure, produk ekonomi kreatif lokal kita,” ujar Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing.

Khansa adalah salah satu brand ambassador Eiger Adventure yang pada tahun 2017 telah berhasil mencapai puncak tertinggi di Indonesia yaitu Cartenz Pyramide (4.884 mdpl). Pada tahun 2019, Khansa berhasil mendaki gunung tertinggi di benua Afrika yaitu Gunung Kilimanjaro (5.895 mdpl). Berkat prestasinya, Khansa dianugerahi piagam MURI sebagai pendaki perempuan termuda Indonesia yang berhasil mendaki Gunung Kilimanjaro, Afrika.

Puncak Gunung Elbrus di Rusia akan menjadi puncak gunung ke-77 yang akan dia daki, bersamaan dengan peringatan 77 tahun kemerdekaan Indonesia.

Image: Dok. Kemenparekraf

Sandiaga pun mengapresiasi dukungan dari Eiger Adventure di mana misi ini diharapkan dapat semakin meningkatkan promosi pariwisata Indonesia ke dunia.

“Dengan adanya kolaboraksi antara Kemenparekraf, Eiger, dan Khansa, saya berharap produk lokal Indonesia melalui brand Eiger dapat lebih terpromosikan,” puji Sandiaga menurut berita dari kemenparekraf.go.id.

“Saya juga salut dengan produk-produk ekraf buatan anak bangsa, yang akan dibawa Khansa salah satunya yaitu tas bambu dari @eigeradventure, produk sustainable @eigertropicaladventure, yang dibuat langsung oleh pengrajin lokal di Temanggung. Saya optimis KOLABOR-AKSI ini akan membantu percepatan pemulihan ekonomi masyarakat Indonesia,” tulisnya penuh bangga lewat Instagram @sandiuno.