Traveler! Yuk Simak 5 Tips Sebelum Membeli Koper

Jangan lupa ikut asuransi perjalanan sekaligus paket ganti rugi bagasi.

22

Koper adalah tas untuk menampung pakaian ganti ataupun kebutuhan lainnya saat hendak melakukan perjalanan jauh. Pada umumnya, terdapat dua tipe koper, yaitu soft case dan hard case. Soft case biasanya terbuat dari kain. Sedangkan, hard case berasal dari polycarbonate dan polypropylene.

Image : freepik

Di samping itu, pastikan sebelum membeli koper agar mempertimbangkan kualitas koper dahulu. Tak hanya dari segi ukuran ruang penyimpanan mulai dari kecil, sedang, dan besar. Namun, ketahanan dan keamanan koper juga perlu diperhatikan.

Berikut adalah beberapa spesifikasi membeli koper, di antaranya:

1. Bahan

Pilihlahlah lapisan koper yang tidak mudah sobek pada soft case. Untuk hard case, Anda dapat menguji dengan melihat apakah lapisannya bercangkang keras alias tidak mudah retak atau pecah.

2. Pegangan / Holder Koper

Cek apakah holder koper rawan patah. Jadi pilih pegangan dua gagang yang lebih kuat daripada pegangan satu pegangan.

3. Roda

Jacquie Whitt dari Adios Adventure Travel, mencatat bahwa empat roda lebih mudah daripada dua. Roda harus berkualitas tinggi, mirip dengan roda skateboard. Roda plastik keras lebih cenderung retak atau pecah saat terjatuh.

4. Ritsleting

Ritsleting cukup rentan saat terkena air. Jadi pilih hard case dengan sistem gerendel. Jika Anda memilih koper dengan ritsleting, pilih tarikan yang dibuat dari logam keras atau plastik tahan lama.

5. Kunci

Pilih kunci berlipat ganda untuk memperlambat pencuri dengan shrink wrapping. Anda juga bisa mendaftarkan asuransi perjalanan yang mencakup bagasi yang hilang atau dicuri. Namun, disarankan agar menyimpan barang berharga dan dokumen perjalanan di tas tangan Anda sehingga Anda dapat mengawasinya setiap saat.