Tips Manicure Kuku Sendiri Di Rumah

Kuku wajib dalam keadaan bersih dan kering

19

Ahli manicure selebritas Angel Williams mengatakan bahwa manicure adalah teknik membentuk kuku, bukanlah menghilangkan panjang sepenuhnya.

Kemudian, terdapat saran lain dari Nail Artist Rita Remark. Dirinya menyarankan untuk memulai dari sudut dan jangan menggunting kuku terlalu banyak terutama di bagian samping. Karena dapat melemahkan kuku dan menyebabkan patah. Pastikan pula untuk memegang kikir dengan rata pada kuku saat mengikir.

Jika Anda memiringkannya, Anda bisa menipiskan ujung kuku Anda dengan menggosok kuku. Jangan menggunakan gerakan menggergaji untuk membentuk kuku Anda.

“Anda harus mengikir ke satu arah dari sisi kuku ke tengah kuku. Kemudian, bergantian sisi, dan geser sepenuhnya satu atau dua kali untuk menyelesaikan bentuknya,” tutur Wiliams.

Perlu diingat, kikirlah kuku dalam keadaan kering. Lantaran, kuku lebih lemah saat basah dan rentan patah.

Selain itu Remark menganjurkan untuk memilih jenis kikir yang tepat untuk kuku Anda.

Image : Freepik

“Semakin tinggi grit, semakin lembut Nail File (alat mengikir kuku). Nail File dengan grit 240 atau lebih tinggi dianggap lebih abrasif. Nail File yang lebih abrasif adalah yang terbaik untuk kuku yang lebih tebal, perangkat tambahan kuku, dan kuku kaki,” ujar Remark.

Jika Anda memiliki kuku yang sangat tipis atau lemah, perlu alat kikir yang lebih halus, seperti kikir kaca. Sementara bila Anda memiliki kutikula yang sangat kering atau tebal di sepanjang sisi kuku Anda, akan sangat membantu jika Anda mengikir dengan lembut di sepanjang area kapalan.

Ini meningkatkan penyerapan kelembaban yang lebih baik dan melembutkan kulit tanpa memotong area tersebut.