Tips Make Up Tahan Lama Untuk Kulit Berminyak

Lakukan eksfoliasi setidaknya seminggu 3 kali

22

Riasan wajah atau make up seringkali mudah luntur pada kulit berminyak. Untuk itu perlu trik jitu agar make up bertahan lama. Berikut tips make up tahan lama untuk kulit berminyak, antara lain:

  1. Oleskan bedak tabur dengan formula khusus mattifying, yaitu bedak tabur translucent. Pakailah brush yang lembut agar bedak merata di sepanjang garis rahang, pipi, dahi, dan hidung Anda.
  2. Semprotkan setting spray berjarak enam inci dari wajah Anda. Semprotkan kembali usai merias.
  3. Hindari mengaplikasikan alas bedak terlalu teball. Mulailah dengan lapisan tipis dan gunakan jari Anda atau spons rias untuk mengoleskan produk ke kulit Anda. Pilih produk yang tahan lama/air (waterproof) seperti maskara atau eyeliner, lip liner, atau pewarna bibir yang memberikan pigmen intens tanpa memerlukan lapisan berlebih. 
  4. Periksa tanggal kedaluwarsa produk Anda. Tanda-tanda makeup kadaluarsa adalah kering, rapuh, atau mengeras.

    Image : Freepik
  5. Riasan lebih melekat pada kulit yang terkelupas. Lakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati. Perlu diingat agar tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan. Bagi kulit berminyak dapat melakukan eksfoliasi tiga kali seminggu.
  6. Primer sebelum merias wajah Anda. Primer adalah produk kecantikan yang mengunci kelembapan dan membantu foundation menempel pada kulit Anda. Oleskan primer wajah seukuran kacang polong ke kulit Anda dan sebarkan secara merata ke seluruh wajah Anda.
  7. Gunakan primer khusus untuk riasan mata. Primer membantu menjaga alas bedak, concealer, blush on, bronzer, dan highlighter.
  8. Gunakan kertas blotting untuk menghilangkan minyak berlebih.
  9. Gunakan produk yang diformulasikan untuk jenis kulit Anda. Jika kulit Anda rentan terhadap penumpukan minyak dan berjerawat, gunakan bedak alas bedak mattifying dengan asam salisilat. Sebagai exfoliant kimia, asam salisilat membantu melawan noda dan mengontrol produksi minyak di kulit.