Study Tour ke Sekolah Indonesia Den Haag, Sekolah Pribumi di Belanda

SIDH diluncurkan secara terbatas di Den Haag, pada tanggal 15 Juni 1965. Saat itu, kampusnya berlokasi di Violenweg 13, Den Haag, Belanda. Beberapa bulan kemudian sekolah diresmikan oleh Yang Mulia Bapak Duta Besar Soedjarwo Tjondronegoro di lokasi baru di Rijksstraatweg 679, 2245 CB, Wassenaar pada tanggal 17 Agustus 1965. Menempati kampus baru sekolah ini dinamai Sekolah Indonesia Nederland (SIN) Wassenaar.

Badan Sekolah dan Kebudayaan Indonesia (BASUKI) ditugaskan untuk melakukan persiapan pendirian sebuah sekolah bagi anak-anak Indonesia yang ada di negara tersebut. Upaya yang dilakukan oleh BASUKI berbuah dengan pendirian Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH).

Baca juga  7 Tempat Terbaik yang Dapat Dikunjungi Ketika di Barcelona

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 15 Agustus 1995, SIN Wassenaar diubah menjadi Sekolah Kedutaan Republik Indonesia di Wassenaar. Kemudian nama tersebut dikembalikan ke Sekolah Indonesia Nederland dan sejak Agustus 2015 diubah kembali ke nama awalnya: Sekolah Indonesia Den Haag.

Image: Dok. Henoch Hconeh (Google Review)

Pada tahun 1981, berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Luar Negeri Nomor 191/81/01 dan 051/U/1981 tanggal 22 Januari 1981 tentang Pedoman Pengelolaan Sekolah Indonesia di Luar Negeri, SIDH dianggap sebagai sekolah swasta. Saat ini perangkat hukum yang mengatur sekolah ini adalah Peraturan Bersama Kementerian Luar Negeri RI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 07 tahun 2015 dan 1 tahun 2015. Dan terhitung sejak tahun 2020, SIDH mendapat status sekolah negeri. SIDH telah ditetapkan sebagai ‘sekolah asing’ oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda sejak 9 September 2011. Pada tahun 2011 SIDH untuk pertama kalinya diakreditasi oleh lembaga akreditasi terkemuka dari Indonesia. Pada tahun 2016 SIDH kembali diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Indonesia Sekolah dan Madrasah (BAN S-M) dengan nilai ‘A’ untuk semua jenjang yang mencerminkan peningkatan mutu dari akreditasi tahun 2011.

Baca juga  Datang ke Kalimantan Timur? Wajib Kunjungi Tempat Ini!
Translate »