Kenali Tanda & Penyebab Photoaging Pada Wajah

Penyebab utama adalah radiasi sinar matahari

21

Photoaging terjadi ketika sinar ultraviolet dari matahari dan/atau tanning bed secara permanen merusak struktur kulit. Untuk melihat perbedaan antara penuaan kronologis dan photoaging, bandingkan kulit di area tubuh Anda yang tidak terkena sinar matahari dengan kulit di wajah Anda.

Tanda Photoaging

Beberapa tanda photoaging yang dimulai pada usia remaja hingga awal dua puluhan, diantaranya:

  1. Kerutan
  2. Perubahan pigmentasi seperti bintik-bintik penuaan, bintik-bintik hati (solar lentigines) dan bintik-bintik
  3. Hilangnya warna kulit (penurunan elastisitas)
  4. Tekstur kulit kasar dan tidak rata
  5. Pembuluh kapiler yang rusak (vena laba-laba), biasanya di sekitar hidung dan dada
  6. Kemerahan dan blotchiness
Image : freepik

Penyebab photoaging

Radiasi ultraviolet menyebabkan perubahan DNA pada kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit. Ada tiga jenis sinar UV:

Related Posts
  1. Sinar UVA merusak kulit di semua tingkatan—dari lapisan permukaan (epidermis) hingga jauh ke dalam dermis. Di dalam lapisan-lapisan itu, beberapa bagian kulit rusak, termasuk serat kolagen dan elastin, yang memberi kulit kekencangan dan elastisitas muda, serta sel-sel epidermis dan pembuluh darah kecil yang disebut kapiler.
  2. Sinar UVB merusak DNA (lebih kuat dari UVA) di epidermis dan dapat menyebabkan photoaging, serta sel prakanker (actinic keratosis) terbentuk.
  3. Sinar UVC telah diserap oleh lapisan ozon dan atmosfer. Namun, radiasi ini tidak terlalu beresiko bagi kesehatan.

 

Meskipun photoaging tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, Scarf Lover dapat mengatasinya dengan cara berikut:

1. Laser

Pelapisan ulang fraksional menggunakan energi laser untuk meremajakan kulit dan meminimalkan munculnya bintik-bintik coklat dan garis-garis halus, serta memperbaiki tekstur dan tampilan pori-pori yang membesar.

2. Terapi Photodynamic.

Perawatan ini membantu menghilangkan bintik-bintik prakanker yang dapat diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Dokter mengaplikasikan obat topikal pada kulit dan kemudian menggunakan lampu neon biru atau merah untuk mengaktifkan obat, yang menghancurkan sel-sel prakanker tetapi tetap mempertahankan sel-sel normal.

3. Obat topikal.

Obat-obatan tertentu seperti obat retinoid topikal (seperti tretinoin) dapat diresepkan untuk meratakan warna kulit Anda dan mengatasi permukaan kasar dan garis-garis halus akibat photoaging.