Kenali 4 Keluarga Aroma Parfum, Mana Favorit Anda

Dari floral hingga warm adalah keluarga aroma parfum.

20

Langkah pertama untuk menemukan parfum favorit Anda adalah memahami berbagai keluarga aroma yang menjadi dasar setiap aroma.

Pada umumnya terdapat, empat jenis utama parfum yang beredar luas, yaitu fresh, wood, oriental dan floral. Aroma fresh, seperti Davidoff Cool Water, dengan sensasi aroma air yang segar dan jeruk. Sedangkan aroma floral seperti DKNY’s Be Delicious menggunakan lebih banyak aroma bunga dan buah yang berair.

Image : freepik

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait keluarga parfum dikutip dari perfumedirect.com, di antaranya:

 

1. Fresh

Wewangian segar biasanya terdiri dari aroma jeruk, air dan hijau. Dengan memiliki aroma yang menyegarkan, zesty dan bersemangat. Wewangian berbasis jeruk biasanya dibuat dengan lemon, mandarin dan bergamot, sedangkan wewangian air dibuat dengan aroma air seperti aroma pada parfum L’Eau d’Issey oleh Issey Miyake, atau Acqua di Gio oleh Armani.

Parfum fresh sering mengingatkan pada aroma herbal dan daun untuk aroma yang segar dan membangkitkan semangat. Sehingga disebut parfum fougère aromatik, yang dibuat dengan bunga lavender, rosemary atau basil.

 

2. Floral

Wewangian floral adalah salah satu keluarga yang paling populer, dan salah satu yang terluas. Setiap wewangian yang memiliki aroma manis dan bunga akan termasuk dalam keluarga ini. Bunga yang dipakai adalah mawar, melati, lili dan peony.

Aroma floral cenderung ringan dan halus, hingga lebih kompleks dan intens.

 

3. Oriental

Wewangian oriental terasa hangat, manis dan bahkan sedikit pedas. Keluarga wewangian ini lebih mewah. Aromanya yang menarik berasal dari kapulaga, kayu manis, vanila dari satu perkebunan dengan bunga melati, anggrek dan bunga jeruk.

 

4. Woody

Wewangian Woody adalah keluarga hangat lainnya, dengan aroma misterius dan menawan yang sering disukai di antara aftershave pada khususnya. Menggunakan wewangian berbahan dasar kayu seperti kayu cedar, cendana, vetiver dan amber, ini adalah pilihan yang tepat untuk dipakai di malam hari.