Gunakan kata yang lebih baik ini pada anak

Didikan orang tua sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak. Sangat dibutuhkan pola asuh yang baik agar menjadi contoh positif bagi perilaku anak. Salah satunya adalah ungkapan perkataan sehari-hari orang tua kepada anaknya. Berikut alternatif perkataan yang lebih baik untuk diungkapkan pada anak.

 

  1. Kerja yang baik – Usaha yang membutuhkan kesabaran

Kata yang satu ini merupakan ungkapan bagi anak yang melakukan sesuatu dengan berhasil. Dalam melakukan sesuatu anak itu sudah mencoba berusaha, maka Anda baiknya mengucapkan “Usaha yang membutuhkan kesabaran”.

Baca juga  Greenfields Gandeng Psikolog, Ajak Masyarakat Jalani Hidup Baik

 

  1. Ibu sayang kamu – Kehadiranmu membawa keceriaan dalam hidup kami

Tak jarang kita mengungkapkan rasa sayang dengan kata cinta. Ada baiknya jika diberikan pernyatan yang kebih jelas kepada anak. Tujuannya agar anak merasa selalu hadir dalam hati orang tuanya. Alternatif kata tersebut cukup membuat anak merasa dirinya berharga.

 

  1. Kamu mau makan apa? – Mau makan sayur atau ayam?

Sering kali ketika ditanya keinginan untuk makan, anak selalu bingung. Untuk itu Scarlover bisa gunakan kata dengan pilihan. Tujuannya agar menumbuhkan jati diri pada anak untuk memilih yang ia sukai.

Baca juga  6 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

 

  1. Kenapa nangis? – Apa kamu sedang merasakan kesedihan?

Sebagai manusia kita seringkali merasakan senang, sedih, marah, dan perasaan lainnya. Hal tersebut adalah emosi dasar manusia. Namun, tak jarang sebagai anak tidak tahu apa penyebabnya. Oleh karena itu jika anak sedang sedih cobalah terima kesedihannya karena itu adalah hal yang wajar.

Translate »