Menjelajahi Desa-desa Nelayan Tanah Air

Indonesia sebagai negara maritim dilimpahi kekayaan laut yang memukau. Pemandangan sekitar yang juga memesona menjadikan Indonesia menyandang status “Heaven of Earth”.

Salah satunya, daerah laut Indonesia Timur Laboan Bajo. Daerah yang berlokasi di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Daerah yang masuk daftar warisan budaya UNESCO tak hanya menyuguhkan berwisata keliling laut dengan kapal. Ada juga mengunjungi ke beberapa desa nelayan untuk mengenal budaya setempat lebih dalam.

Image : freepik

Dikutip dari kemenparekraf pada Sabtu (18/6/2022), berikut daerah desa wisata nelayan di Laboan Bajo, antara lain:

  1. Desa wisata Pasir Panjang merupakan desa nelayan yang menyuguhkan pemandangan yang cantik. Masyarakatnya biasa melaut dan membuat ikan asin untuk dijual. Seiring berkembangnya pariwisata setempat, para nelayan pun siap menjadi pemandu bagi pelancong untuk menikmati keindahan laut dengan kapal mereka.
  2. Desa Wisata Papagarang, tidak hanya laut dan perbukitan menawan yang menanti wisatawan, melainkan juga keramahan dan kesiapan masyarakatnya menemani kita sepanjang perjalanan.
  3. Desa Wisata Golo Mori Sigap berbenah. Mendukung geliat pariwisata, masyarakat makin antusias menjamu wisatawan yang datang. Misalnya para ibu pembuat kerajinan cendera mata tikar anyaman serta penyedia transportasi dan akomodasi bagi wisatawan agar makin betah bertandang, bergerak bersama, menggulirkan perekonomian warga.
Baca juga  Maldives, Pulau ramah muslim yang bisa jadi destinasi liburan selanjutnya

Jangan lupa untuk menyambangi ikon destinasi wisata terbaru Waterfront City Labuan Bajo. Di sana akan ada petugas Tourist Information Center siap membantu pengunjung mencari informasi pariwisata setempat, juga aneka layanan kuliner, pop up mart, loket e-ticketing, dan help desk pariwisata.

Baca juga  Peresmian Perpustakaan Sekolah Dasar ke-56 di Kabupaten Nagekeo, Flores, NTT
Translate »