Tanpa Sadar, 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rambut Lembap Terus, lho!

Ada yang sering Anda lakukan?

24

Rambut adalah mahkota terindah setiap perempuan. Berbagai upaya pun rela dilakukan untuk memiliki rambut sehat. 

Namun, kebanyakan orang tidak sadar bahwa beberapa kebiasaan perawatan rambut selama ini,  justru bisa membuat rambut mereka menjadi lembap, lho! Emangnya apa saja, tuh?

 

1. Bilas rambut dengan air dingin

Air panas dapat menghilangkan minyak alami rambut Anda dan memengaruhi rambut menjadi cepat rapuh. Sebaiknya, gunakanlah air dingin untuk mencuci rambut yang bisa membantu menutup kutikula dan mengunci kelembapan. Cara tersebut dinilai dapat membuat rambut Anda menjadi tampak berkilau dan lembut. 

 

2. Coba slugging rambut

Belakangan, slugging rambut amat populer di linimasa TikTok. Slugging adalah metode perawatan rambut yang menggunakan bantuan kaus kaki panjang. 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengoleskan produk moisturizer ke seluruh rambut Anda secara merata. Selanjutnya, ikat rambut Anda menjadi kuncir kuda rendah dan masukkan ke dalam kaus kaki bersih. Kencangkan ikat rambut tersebut dengan karet gelang dan biarkan semalaman atau selama beberapa jam. Rangkaian proses slugging bertujuan untuk membuat produk moisturizer agar lebih cepat meresap ke dalam rambut, sehingga rambut Anda pun tampak lembap.

 

3. Meminyaki rambut

Tahukah Anda, bahwa meminyaki rambut merupakan bagian dari rahasia kecantikan kuno, lho! Pasalnya, saat Anda meminyaki rambut, minyak akan meresap ke dalam folikel dan memberi nutrisi pada setiap helai rambut. 

Dengan rutin meminyaki rambut bisa mengatasi kekeringan, pengelupasan atau iritasi pada kulit kepala. Anda hanya cukup meminyaki rambut seminggu sekali dan biarkan selama satu jam hingga semalaman. 

 

4. Gunakan sampo dan kondisioner yang tepat

Kebiasaan yang sering kali tidak disadari adalah ketika Anda terbiasa menggunakan sampo dan kondisioner yang meninggalkan efek kering pada rambut Anda. Untuk itu, selalu gunakan produk rambut yang tidak membuat kulit kepala atau helaian rambut Anda terasa kering dan kusam.